nusabali

TempatKita Coworking Space, Suguhkan Konsep Kantor Masa Depan

  • www.nusabali.com-tempatkita-coworking-space-suguhkan-konsep-kantor-masa-depan

Belakangan ini coworking space atau tempat kerja bersama menjadi pilihan tempat kerja bagi para pekerja atau pebisnis.

DENPASAR, NusaBali

Coworking space nyatanya banyak dibutuhkan bagi pekerja atau pebisnis dengan tim-tim kecil sebagai tempat untuk bekerja di luar rumah namun tidak ‘serasa’ kantor. Pertimbangannya, bagi orang-orang yang memiliki tim kecil, jika dengan menyewa toko atau kantor, akan dirasa kurang efisien secara biaya. Nah, dengan adanya coworking, mereka bisa mendapat tempat alternatif untuk bekerja dengan nyaman, dan dengan biaya yang terjangkau serta fasilitas yang oke. Selain itu, karena ini coworking, kemungkinan bertemu dengan pekerja dari berbagai disiplin ilmu sangat besar. Sehingga bukan tidak mungkin bisa menjalin networking lebih luas dan mengembangkan bisnis lebih besar.

Ada sejumlah coworking space di Bali. Salah satunya adalah TempatKita Coworking Space yang beralamat di Jalan Batur Sari Nomor 64A, Sanur Kauh, Denpasar. Lokasinya berada di pinggir jalan raya besar, namun suasananya tidak begitu padat penduduk. Suasana seperti ini menunjang kenyamanan para pekerja untuk melakukan aktivitasnya sambil mencari inspirasi.

TempatKita Coworking Space baru berdiri sejak lima bulan lalu. Ide ini digagas oleh tiga bersaudara yakni Gusti Wijayakusuma, Gusti Indrakusuma, dan Gusti Candrakusuma. Mereka menyewa sebuah villa dan disulap menjadi sebuah coworking space.

Menurut Indrakusuma, sejauh ini yang paling sering memanfaatkan tempatnya lebih banyak bule. Kebanyakan yang memanfaatkan adalah pekerja online berupa digital marketer, programmer, yotuber, ataupun blogger.

“Kalau di Bali masih populer untuk orang luar. Bule yang mereka kerjanya itu tidak harus selalu di kantor, tapi mereka perlu fasilitas yang layak seperti di kantor mereka. Mereka biasanya web programmer, blogger, youtuber,” kata Indra saat opening TempatKita Coworking Space, Sabtu (11/12) malam.

Dijelaskan Indra, kapasitas TempatKita Coworking Space mampu menampung sekitar 45 orang. Mereka menyediakan empat ruangan kerja, dengan dua diantaranya dilengkapi AC, meeting room dilengkapi dengan LCD proyektor, desk job, dan internet yang kencang dan tidak pernah terputus. “Selling point kami adalah internet. Kami menjamin kestabilan internet di sini. Selama lima bulan jalan, belum pernah terputus sekalipun. Koneksi terputus hampir tidak pernah terjadi,” ungkapnya.

Selain fasilitas kerja tersebut, mereka juga menyediakan snack, bahkan makan siang. Untuk lebih membuat nyaman lagi, di TempatKita Coworking Space juga menyediakan bean bag bagi yang ingin bekerja santai, serta kolam renang dan bathub agar suasana bekerja tidak mumet. “Villa ini memang langsung isi kolam. Jadi kita manfaatkan sebagai sarana tambahan. Jadi yang sewa tempat untuk bekerja di sini bisa langsung nyemplung ke kolam kalau lagi jenuh atau pikiran lagi mumet,” imbuh Indra.

TempatKita Coworking Space buka 24 jam setiap harinya. Para pemburu tempat kerja yang butuh kenyamanan bisa memanfaatkan sejumlah paket membership yang disediakan. Paketan yang tersedia berupa paket harian, 30 jam, 50 jam, 100 jam, paket dinihari, eksklusif member, unlimited member bulanan. “Sementara ini banyak yang memakai itu paket mingguan. Paling besar itu paket kami private office dengan kapasitas 6-8 orang atau 10-15 orang. Jika satu tim menyewa private office, kami sediakan khusus untuk mereka,” terangnya.

Tidak menutup kemungkinan, TempatKita Coworking Space juga bisa menjadi tempat untuk workshop-workshop kecil serta party kecil-kecilan. Menurut Indra, bisnis coworking space di masa depan dipandang menjanjikan. Sebab dunia semakin cepat mengalami perubahan. Digital pun semakin hari semakin canggih. Tentunya banyak orang yang akan memanfaatkan coworking space untuk kepentingan pekerjaan dan menjalin networking. *ind

Komentar