nusabali

Wapres Sambut Usulan Bupati Karangasem

  • www.nusabali.com-wapres-sambut-usulan-bupati-karangasem

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri berkunjung ke Kantor Wakil Presiden RI di Jalan Merdeka Selatan Jakarta, Jumat (15/12), untuk membawa aspirasi dan sejumlah usulan terkait upaya penanggulangan bencana erupsi Gunung Agung.

Terkait Penanggulangan Bencana Gunung Agung

AMLAPURA, NusaBali
Wapres Jusuf Kalla (JK) yang menerima langsung kedatangan IGA Mas Sumatri pun menyambut positif usulan Bupati Karangasem. Dalam kunjungan ke Kantor Wapres di Jakarta, Jumat kemarin, Bupati Mas Sumatri didampingi Tim Ahli Bupati Karangasem IB Agung Gunarthawa, Sekda Kabupaten Karangasem I Gede Adnya Mulyadi, dan Sekretaris Bappelitbangda Karangasem I Nyoman Siki Ngurah. Sedangkan Wapres JK didampingi Ketua Tim Ahli Wapres  Sofyan Wanandi dan Iskandar Mandji dan Sekretaris Wapres, Oemar.

Selain membangun opini dunia, Bupati Mas Sumatri juga memandang perlu dibuat kebijakan yang mengarah pada pemulihan pariwisata Bali dengan mendorong seluruh potensi kegiatan pemerintah, swasta, dan masyarakat/wisatawan domestik untuk melaksakan aktivitas MICE, wisata, dan lainnya ke Bali.

Bukan hanya itu. Menurut Mas Sumatri, dalam jangka pendek,perlu segera dilakukan normalisasi sejumlah aliran sungai di Karangasem, sebagai upaya antisipasi terjadinya aliran lahar bila erupsi Gunung Agung tiba-tiba membesar dengan lelehan lava. “Sungai yang perlu dinormalisasi tersebut utamanya yang berhulu di bagian puncak dan lereng Gunung Agung,” ujar Mas Sumatri.

Sedangkan untuk jangka menengah, Mas Sumatri menyatakan perlu dilakukan pembangunan infrastruktur berupa jalan lanjutan atau terusan Jalan Bypass Prof Dr IB Mantra (dari Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung)menuju Kota Amlapura (Karangasem. Selain itu, juga penting ada pembangunan jembatan dan jalan-jalan di wilayah Kabupaten Karangasem (non-KRB).

“Kami minta seluruh kementerian/lembaga untuk memberikan prioritas program kepada Kabupaten Karangasem, sesuai tupoksi masing-masing,” pinta Bupati Wanita Pertama di Karangasem ini.

Sementara itu, Wapres JK menyambut positif usulan Bupati Mas Sumatri, termasuk soal membangun opini masyarakat dunia bahwa Bali masih aman untuk dikunjungi. Wapres JK pun berjanji segera akan mengagendakan kunjungan ke Bali, termasuk juga rencakankan untuk menggelar rapat kabinet di Bali. Saat itulah, Wapres akan melakukan kunjungan ke Karangasem untuk melihat langsung kondisi yang ada dan memberikan aspek psikologis yang positif terhadap dunia pariwisata di Bali.

"Kita juga akan mendorong sebanyak mungkin kegiatan pemerintah, swasta, maupun masyarakat/wisatawan ke Bali. Utamanya, domestik untuk melakukan kegiatan MICE, wisata, dan lainnya di Bali," tandas Wapres JK. Menurut JK, pihaknya juga berjanji akan memberikan prioritas kepada pembangunan infrastruktur, khususnya yang mendukung pemulihan perekonomian secara signifikan dan berkelanjutan. *

Komentar