nusabali

Bupati Serahkan Punia kepada Sulinggih dan Pamangku

  • www.nusabali.com-bupati-serahkan-punia-kepada-sulinggih-dan-pamangku

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan punia kepada para Sulinggih dan Pamangku Sad Kahyangan, Dang Kahyangan, Kahyangan Jagat serta pamangku Kahyangan Tiga se-Kabupaten Badung.

MANGUPURA, NusaBali

Penyerahan punia dilakukan oleh Bupati Giri Prasta bersama Ketua DPRD Badung Putu Parwata dan Kadis Kebudayaan Badung IB Anom Bhasma, Rabu (20/12), di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung.

Bupati Giri Prasta menyampaikan terima kasih kepada para sulinggih dan pemangku yang sudah ngrastitiang jagat Badung sehingga tetap dalam kondisi yang baik serta masyarakat sejahtera. “Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Badung menghaturkan terima kasih kepada sulinggih dan pamangku sebagai hulu, yang telah ngrastitiang jagat Badung baik sekala maupun niskala, sehingga masyarakat badung dapat hidup saling asah, asih, asuh, salunglung sabayantaka menuju jagat Badung gemah ripah loh jinawi,” katanya.

Bupati juga mohon tuntunan para sulinggih agar Pemkab Badung dapat melaksanakan program-program kepemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan dengan baik yang muaranya untuk kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.

Mengenai pemberian punia ini, kata Bupati sebagai salah satu komitmen melaksanakan program prioritas di bidang seni, adat, agama, dan budaya. Bupati menyadari tugas dari pamangku cukup berat sebagai ‘jan banggul’ Ida Bhatara pada saat pelaksanaan pujawali.

“Kami tegaskan, punia untuk pamangku Kahyangan Tiga, di tahun 2018 akan kami tingkatkan dari Rp 500 ribu menjadi 1 juta. Dan punia pamangku lainnya akan kami sesuaikan,” jelasnya. Ditambahkannya, untuk tahun 2018 pamangku prajapati juga akan diberikan punia oleh Pemkab Badung.

Anom Bhasma melaporkan, untuk masing-masing sulinggih diberikan punia sebesar Rp 1,5 juta per bulan, pamangku Sad Kahyangan, pamangku Dang Kahyangan, dan pamangku Kahyangaan Jagat sebesar Rp 750 ribu per bulan. Dan untuk pamangku Kahyangan Tiga sebesar Rp 500 ribu per bulan dan diberikan tiga bulan sekali. Total punia yang diberikan sebesar Rp 546.500.000. Adapun jumlah sulinggih yang mendapatkan punia sebanyak 216 sulinggih, 38 pamangku Sad Kahyangan, Dang Kahyangan, dan Kahyangan Jagat, serta 388 pamangku Kahyangan Tiga. “Di tahun 2018 Pemkab Badung akan memberikan punia kepada pamangku prajapati,” tuturnya. *asa

Komentar