nusabali

Komisi I DPRD Bali Roadshow Cek Kesiapan Pilkada

  • www.nusabali.com-komisi-i-dprd-bali-roadshow-cek-kesiapan-pilkada

Komisi I DPRD Bali membidangi politik, hukum dan keamanan roadshow memantau persiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Kamis (4/1).

DENPASAR, NusaBali

Pilkada serentak 2018 di Bali, Pilgub Bali, Pilkada Gianyar dan Pilkada Klungkung. Komisi I turun di Kabupaten Gianyar kemarin dengan mengecek kesiapan pelaksanaan Pilkada. Rombongan Komisi I dipimpin Wakil Ketua DPRD Bali, I Gusti Bagus Alit Putra.

Dalam koordinasi kemarin terungkap Kesbanglinmaspol Gianyar sudah mengundang tim penanganan konflik untuk berkoordinasi, melakukan sosialisasi pilkada melalui Majelis Madya Desa Pakraman, menghadirkan jajaran Kodim dan Polres Gianyar. Sementara  KPU Gianyar menyampaikan persiapan awal sebelum tahapan dimulai. Sosialisasi difasilitasi Kesbanglinmaspol di kecamatan/kelurahan, peserta parpol, desa pakraman desa dinas, dan MMDP.

Ditarget tingkat pencapaian kehadiran pemilih di pilkada 2018 mencapai 80-84 persen. Kemudian terungkap juga masih adanya masyarakat yang belum memiliki e-KTP sebanyak 20.000-an, sehingga menjadi persoalan. Wakil Ketua DPRD Bali, Alit Putra menyampaikan Komisi I perlu terjun melakukan antisipasi. Karena proses dan tahapan sudah berjalan. Termasuk pendaftaran calon di Pilgub Bali, Pilkada Gianyar dan Pilkada Klungkung sudah akan berjalan. Komisi I pun ingin memastikan masyarakat terakomodir dalam menggunakan hak pilihnya.

“Pendaftaran di Pilgub Bali, Pilkada Klungkung dan Pilkada Gianyar 8-10 Januari , jadi kita antisipasi kesiapan. Mulai penyelenggaraan sampai memastikan masyarakat terakomodir menggunakan hak pilihnya,” ujar politisi Demokrat ini. Alit Putra menegaskan penyelenggaraan Pilkada serentak nanti juga akan mencerminkan pelaksanaan demokrasi yang berkualitas. Sehingga seluruh elemen masyarakat harus menyukseskan.

"Semua elemen masyarakat harus terlibat dalam sukseskan pesta demokrasi ini sehingga terwujud proses yang demokratis dan berkualitas," ujar mantan Ketua DPD Demokrat Bali ini. Sementara Wakil Ketua Komisi I DPRD Bali, I Wayan Tagel Arjana di sela-sela turun bersama Komisi I kemarin mengatakan roadshow ke daerah-daerah yang melaksanakan Pilkada untuk mengecek kesiapan Pilkada serentak. Terutama kesiapan pemerintah daerah.

”Kita mau lihat kesiapan pendaftaran, pengamanan, sosialisasi kepada masyarakat soal hari pencoblosan,” ujar politisi Partai Gerindra ini. Tagel Arjana pun mengharapkan petugas keamanan dan penyelenggara supaya antisipatif, terutama dengan situasi kondusifitas di Pilkada. Anggota Komisi I DPRD Bali, Ngakan Samudra secara terpisah menyebutkan politik pada kondisi Pilkada serentak sangat dinamis. Perubahan pun berjalan cepat, sehingga harus ada antisipasi menyeluruh. *nat

Komentar