nusabali

Bupati Bekali Mahasiswa Unud yang KKN ke Karangasem

  • www.nusabali.com-bupati-bekali-mahasiswa-unud-yang-kkn-ke-karangasem

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri turut berikan pembekalan kepada mahasiswa Universitas Udayana (Unud) Denpasar yang akan ikut program KKN PPM Periode XVI Tahun 2018 di Gedung Widya Sabha Kampus Unud Bukit Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Kamis (4/1).

AMLAPURA, NusaBali

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada pada tanggal 3 Februari-12 Maret 2018 bertema ‘KKN PPM Unud Peduli Bencana’.  

Bupati Mas Sumatri memberikan pembekalan menyangkut kondisi Gunung Agung, termasuk membeberkan wilayah yang berbahaya dan yang aman. Bupati Mas Sumatri mengatakan, Kabupaten Karangasem terdiri dari 8 kecamatan, 75 desa, dan 3 kelurahan, tidak semua wilayah Karangasem terdampak bencana Gunung Agung. Apalagi pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM RI telah mempersempit ruang bahaya Gunung Agung menjadi radius 6 kilometer, walau masih tetap status awas. Selebihnya aman dikunjungi termasuk di 59 objek wisata dengan panorama alam yang menyenangkan.

Dikatakan, daerah berbahaya hanya di 12 desa yang wilayahnya di bagian atas, di luar itu aman dikunjungi. “Jangan takut datang ke Karangasem. Karangasem aman dikunjungi, kecuali di radius 6 kilometer itu. Kami berterima kasih kepada Unud Denpasar yang telah mencanangkan program KKN di Karangasem, secara aktif turut ambil bagian mendukung pembangunan di Karangasem,” jelas Bupati Mas Sumatri.

KKN katanya, merupakan salah satu dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat. Tujuannya membantu masyarakat agar masyarakat mau dan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, mampu mandiri membangun wilayahnya. Sedangkan dharma pendidikan dan pengajaran selama ini dilakukan di kampus telah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai kurikulum.

Sedangkan dharma penelitian, telah melakukan kegiatan untuk menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep metodelogi, model atau informasi baru untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Sementara Ketua LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unud, I Gede Rai Maya Temaja dalam laporannya memaparkan, KKN PPM diikuti 746 mahasiswa. Mahasiswa reguler 655 orang dan mahasiswa non reguler 91 orang. Lokasi KKN di 49 desa di Bali, khusus untuk Karangasem di 6 desa. *k16

Komentar