nusabali

KESEHATAN : Diet Sehat Memacu Kemampuan Baca Anak

  • www.nusabali.com-kesehatan-diet-sehat-memacu-kemampuan-baca-anak

Diet sehat yang dilakukan pada anak dapat memacu kemampuan membaca mereka, khususnya pada masa tiga tahun pertama bersekolah.

Demikian kesimpulan dari sebuah studi yang dilaksanakan di Finlandia yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, seperti dilansir laman NDTV.  Disebutkan, penelitian ini melibatkan 161 anak dalam rentang usia 6-8 tahun. Kualitas makanan yang mereka santap dianalisa dengan bantuan buku harian makanan.

Selain itu, keterampilan akademis mereka pun diuji dengan tes standar. Dari penelitian itu terungkap, anak-anak yang menyantap makanan kaya sayuran, buah-buahan, gandum utuh, ikan, dan lemak tak jenuh, serta rendahnya produk gula, lebih baik dalam tes yang mengukur kemampuan membaca. 

Penelitian ini juga menemukan hubungan positif antara kualitas diet dan kemampuan membaca. Anak-anak dengan diet sehat meningkat kemampuan membacanya menjadi lebih baik dibandingkan mereka yang mendapat asupan kurang baik.

"Pengamatan penting lainnya adalah bahwa hubungan kualitas diet dengan kemampuan membaca juga terlepas dari banyak faktor perancu, misalnya status sosial ekonomi, aktivitas fisik, dan kebugaran fisik,” kata Eero Haapala, peneliti dari University of Eastern Finland. Dengan demikian, tak bisa disangkal, diet sehat memang menjadi faktor penting dalam mendukung pembelajaran dan prestasi akademik pada anak-anak. “Orangtua dan sekolah memiliki peran penting dalam membuat makanan sehat tersedia bagi anak-anak,” kata Haapala. *

loading...

Komentar