nusabali

KBS-Ace Siapkan 10.000 Massa Hadiri Pendaftaran ke KPU

  • www.nusabali.com-kbs-ace-siapkan-10000-massa-hadiri-pendaftaran-ke-kpu

KPU Bali sudah siap 100 persen untuk menerima pendaftaran kandidat Cagub-Cawagub Bali untuk Pilgub 2018, yang dibuka 8-10 Januari ini.

KPU Siap Terima Pendaftaran Calon


DENPASAR, NusaBali
Pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace) adalah kandidat pertama yang akan mendaftar, Senin (8/1) ini. Caub-Cawagub Bali yang diusung PDIP-PKPI-PAN-Hanura-PPP-PKB ini akan diantar 10.000 massa dan 300 sekaa baleganjur.

Ketua KPU Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, mengatakan secara keseluruhan pihaknya sudah siap 100 persen dengan pelaksanaan mekanisme pendaftaran Cagub-Cawagub. Sesuai konfirmasi yang diterimanya, kata Raka Sandi, KBS-Ace akan mendaftar ke Kantor KPU di Jalan Tjok Agung Tresna Denpasar, Senin siang ini pukul 11.00 Wita.

“Kita sudah siap menyambut para kandidat besok (hari ini) untuk proses pendaftaran Cagub-Cawagub Bali. Yang akan mendaftar di hari pertama besok adalah KBS-Ace. Hal ini sesuai dengan koordinasi kita dengan penghubung para kandidat dan parpol pengusung,” ujar Raka Sandi di sela persiapan penyambutan pendaftaran paket calon di Kantor KPU Bali, Minggu (7/1).

Raka Sandhi menyebutkan, mereka yang akan memasuki ruangan pendaftaran calon dibatasi dengan menggunakan ID Card yang dikeluarkan KPU Bali. Masalahnya, ruangan pendaftaran memang tidak bisa menampung banyak orang. “Kita tetap menjaga pendaftaran dilakukan dengan tertib dan nyaman. Kita berharap proses pendaftaran bisa berjalan lancar,” tandas komisioner KPU asal Desa Yehsumbul, Kecamatan Mendoyo, Jembrana ini.

Sementara, KBS-Ace akan kerahkan 10.000 massa pendukungnya untuk mengantar pendaftaran ke Kantor KPU Bali. Mereka akan long march dari Kantor DPD PDIP Bali, Jalan Moncong Putih Niti Mandala Denpasar, yang berjarak sekitar 500 meter arah barat Kantor KPU Bali. Sedangkan 300 sekaa baleganjur akan menabuh dengan berjejer di se-panjang rute yang dilalui saat long march, agar tidak menimbulkan kemacetan.

Ketua LO (Penghubung) KBS-Ace, I Nyoman Satria, mengatakan pendaftaran kandidat ke KPU Bali hari ini akan mengedepankan seni dan budaya. Ada parade budaya dengan mengerahkan 300 sekaa baleganjur. “Kita rencanakan ada 300 sekaa baleganjur dan 10.000 massa pendukung saja untuk pendaftaran besok,” jelas Nyoman Satria di sela persiapan yang dilakukan di Kantor DPD PDIP Bali, Minggu ke-marin.

Menurut Satria, massa pendukung yang dihadirkan saat pendaftaran KBS-Ace ke KPU Bali hari ini, hanya berasal dari tiga daerah: Badung, Denpasar, dan Tabanan. “Massa yang dikerahkan hanya 10.000 orang, agar tidak sampai mengganggu kenyamanan masyarakat,” ujar anggota Fraksi PDIP DPRD Badung ini.

Satria menyebutkan, massa yang dikerahkan mengantar KBS-Ace ke KPU Bali hari ini masing-maisng 4.000 orang dari Kabupaten Badung, 4.000 orang dari Kota Denpasar, dan 2.000 orang dari Kabupaten Tabanan. ”Sedangkan pendukung dari 6 kabupaten lainnya yang tidak ikut. Mereka diarahkan menghadiri pendaftaran paket Cabup-Cawabup yang diusung PDIP di Pilkada Gianyar 2018 dan Pilkada Klungkung 2018 yang juga mendaftar ke KPU besok,” katanya.

Dalam Pilgub Bali 2018, KBS-Ace akan tarung head to head melawan IB Rai Dharmawijaya Mantra-Ketit Sudikerta (Mantra-Kerta), Cagub-Cawagub yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB) beranggotakan Golkar-Demokrat-Gerindra-NasDem-PKS-PBB. Mantra-Kerta akan mendaftar ke KPU Bali, Selasa (9/1).

Sedangkan dalam Pilkada Gianyar 2018, PDIP bergandengan dengan Hanura-NasDem mengusung pasangan Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun (Paket Aman). Nantinya, Paket Aman akan tarung head to head melawan Tjokorda Raka Kerthyasa-Pande Istri Magarani Primadewi (Kertha-Maha), Cabup-Cawabup yang diusung Koalisi Kebangkitan Gianyar (KRB) beranggotakan Golkar-Demokrat-Gerindra-PKPI.

Sebaliknya, dalam Pilkada Klungkung 2018, PDIP bergandengan dengan Hanura mengusung pasangan Tjokorda Bagus Oka-I Ketut Mandia (Paket Bagia). Seperti halnya di Pilgub Bali 2018 dan Pilkada Gianyar 2018, Paket Bagia di Pilkada Klungkung 2018 juga akan tarung head to head melawan pasangan incumbent I Nyoman Suwirta-I Made Kasta (Paket Suwasta), Cabup-Cawabup yang diusung koalisi besar Gerindra-Golkar-Demokrat-PKPI-NasDem.

Sementara itu, PDIP akan kerahkan 50.000 massa untuk deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman di Lapangan Astina Raya Gianyar, Senin siang ini pukul 14.00 Wita. Karena sepanjang jalan utama dipastikan akan disesaki simpatisan PDIP dan pendukung KBS-Ace serta Paket Aman lainnya, maka ruas jalan utama mulai trafic light sebelah barat Polres Gianyar hingga trafic light Lapangan Astina Raya Gianyar akan ditutup.

"Kami sadari besok hari efektif kerja. Maka itu, kami mohon permaklumannya agar masyarakat mencari jalur alternatif," pinta Made Agus Mahayastra, Calon Bupati (Cabup) dalam Paket Aman di Gianyar, Minggu kemarin.

Menurut Mahayastra, konsentrasi massa akan dimulai sejak pagi, untuk mengiringi pendaftaran Paket Aman ke KPU Gianyar yang dijadwalkan pukul 10.00 Wita. Massa pendukung Paket Aman dari 7 kecamatan se-Gianyar dan 300 sekaa baleganjur dari 300 banjar akan datang ke Kota Gianyar naik Truk. "Jalanan sudah pasti akan macet. Makanya, sedini mungkin kami sudah melakukan perhitungan secara teknis dengan polisi," jelas Mahayastra yang kini masih menjabat Wakil Bupati Gi-anyar 2013-2018.

Menurut Mahayastra, 50.000 orang yang akan terlibat dalam pendaftaran Paket Aman ke KPU serta deklarasi KBS-Ace dan Paket Aman di Lapangan Astina Raya Gianyar hari ini, bakal diposisikan menyebar. Sekaa baleganjur akan berjejer di sepanjang jalan sambil menabuh saling bersahutan ketika KBS-Ace memasuki lokasi acara.

Untuk mengatur posisi baleganjur ini, pihaknya sudah mengerahkan sejumlah pemuda buat memasang bendera dan nomor urut. "Dengan pengaturan ini, massa tidak akan terpusat di Lapangan Astina Raya Gianyar saja, melainkan tersebar," tegas politisi asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar ini. *nat,nvi

Komentar