nusabali

Produk Fungsi Ganda Diprediksi Jadi Tren

  • www.nusabali.com-produk-fungsi-ganda-diprediksi-jadi-tren

Model industri kreatif akan terus berkembang.

DENPASAR, NusaBali

Dari kecenderungan yang ada, model atau produk industri kreatif yang memiliki sisi fungsi ganda akan jadi trend. Gejala tersebut sudah terjadi di mancanegara, namun di dalam negeri khususnya Bali gejala tersebut belum terasa.

Dewa Gede Darendra, pembina dari Bali Creatif Industri Centre (BCIC) menyatakan Minggu (7/1). “Produk  industri kreatif tak hanya sebagai pajangan atau hiasan belaka, tetapi memiliki fungsi sampingan,” ujar Dewa Darendra.

Misalnya produk patung kayu, tak hanya sebagai hiasan memperindah suasana ruangan, namun  juga sebagai sound system atau fungsi audio atau fungsi lainnya. Atau produk kreatif sendok kayu, yang juga berfungsi (casing) termometer ruangan. “Di BCIC  banyak contoh untuk itu,” ungkap Dewa Darendra.

Hanya saja meski pun memiliki prospek, namun antusias kalangan terkait dan masyarakat menggeluti belum maksimal. “Kalau di Denpasar sudah, di Badung baru mulai. Sedang di tempat lain masih kurang,” kata Dewa Darendra.

Karena itulah menurut Dewa Darendra, BCIC terus bersosialisasi. Bukan hanya merangsang munculnya desainer-desainer dan pelaku ekonomi kreatif, namun merangsang  kesadaran bahwa industri kreatif merupakan salah satu kekuatan ekonomi ke depan.

Responsnya lumayan. Kata Dewa Darendra, hal itu ditandai  semakin ramainya pengunjung ke BCIC di Tohpati, Denpasar.  Dari luar Bali banyak lembaga-lembaga, seperti sekolah kejuruan dan lembaga lainnya. Termasuk juga perseorangan. Sedang dari Bali, kalangan lembaga formal, seperti sekolah dan lainnya masih kurang.

Dari Bali, yang banyak berkunjung dan ‘menimba’ wawasan di BCIC kebanyakan orang per orang. “Kalau lembaga jarang- jarang,”  kata Dewa Darendra. *k17

Komentar