nusabali

450 Tokoh Agama Bertemu

  • www.nusabali.com-450-tokoh-agama-bertemu

Musyawarah Besar (Mubes) Pemuka Agama untuk Kerukunan Bangsa yang digelar pada 8-10 Februari di Jakarta telah menentukan tema.

JAKARTA, NusaBali

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP) Din Syamsuddin mengatakan, tema yang diambil adalah Rukun dan Bersatu, Kita Maju. Mubes akan dihadiri 450 tokoh atau pemuka agama di Indonesia.
 
Melalui Mubes tersebut, umat Hindu bertekad menjaga kerukunan bangsa. "Mubes ini sangat penting, karena bisa menjaga kerukunan bangsa dan kami bertekat menjaga itu. Apalagi ini sejalan dengan ajaran Hindu, Vasudhaiva Kutumbakam yang bermakna semua umat manusia bersaudara," ujar Ketua Bidang Ideologi dan Kesatuan Bangsa PHDI Pusat Nyoman Udayana Sangging di UKP-DKAAP, Kamis (11/1).
 
Selain itu, ajaran Hindu yang sejalan dengan tema tersebut adalah Tat Twan Asi yang bermakna aku adalah kamu. Ajaran itu mengajarkan agar kita menjaga hubungan baik dengan sesama manusia sehingga terjalin kerukunan. Ia pun menilai, adanya Mubes sangat bagus karena ada dialog antar pemeluk agama di tanah air.
 
"Sehingga nanti bisa berkolaborasi menghadapi dan memecahkan permasalahan yang ada demi persatuan bangsa," tegasnya.
 
Hindu, kata pria yang juga sebagai salah satu SC Mubes ini, akan mengirimkan perwakilan dari PHDI dan organisasi Hindu lainnya seperti Prajaniti, Peradah, KMHDI dan WHDI.
 
Sementara Din mengatakan, Mubes perlu dilakukan demi menjaga kerukunan umat beragama. Dalam Mubes, mereka melakukan silaturahmi serta bertukar pendapat dan bicara dari hati ke hati untuk membahas masalah real terkait kehidupan berbangsa dan beragama. *k22

loading...

Komentar