nusabali

Kera Serang Subak Beneng

  • www.nusabali.com-kera-serang-subak-beneng

Petani di Subak Beneng, Desa Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, mengeluhkan serangan.

SEMARAPURA, NusaBali

Karena aneka tanaman petani kerap disantap kera. Sehingga tidak sedikit petani beralih menanam bunga. Kawanan kera habitatnya berada areal Tukad Kincing, di sisi timur lahan pertanian.

Kera tersebut memang kerap memakan hasil pertanian warga, teranyar terjadi seminggu lalu. “Mungkin karena makanannya habis, makanya kera itu naik mencari makan,” ujar seorang petani di Subak Beneng, Desak Nyoman Alit, Kamis (11/1).

Kata dia, kera tersebut sering menyerang hasil pertanian, seperti buah nangka, kelapa, termasuk merusak rumput gajah. Seminggu lalu sedikitnya ada 25 kera muncul ke pertanian warga. “Petani hanya bisa pasrah, kalau pun diusir kera itu kian galak,” ujarnya.

Serangan kera juga terjadi di Subak Delod Getakan. Bahkan. Bahkan serangan itu hampir terjadi setiap malam. Bahkan bisa merusak gubuk petani saat makanannya habis. “Bagian atap gubuk sering diobrak-abrik,” ujar petani lainnya I Nyoman Mudana.

Oleh karena itu, petani enggan menanam palawija seperti jagung dan ketela. Karena itu makanan favorit kera, maka petani bisa merugi.  “Petani kini lebih memilih menanam  bunga pacah dan cabai supaya tidak dirusak,” katanya.*wan

Komentar