nusabali

Anggota PPL Pilgub Diminta Tak Ragu dan Takut

  • www.nusabali.com-anggota-ppl-pilgub-diminta-tak-ragu-dan-takut

Sebanyak 133 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se Tabanan dilantik, Selasa (16/1).

PPL Se Tabanan dan Badung Dilantik


TABANAN, NusaBali
Dalam pelantikan yang bertempat di RM Nami Rasa, Desa Buruan, Kecamatan Penebel, Tabanan ini Ketua Panwaslu Tabanan, I Made Rumada menegaskan dalam melakukan tugas PPL jangan ragu dan takut. Pelantikan anggota PPL juga dilakukan Panwaslu Kabupaten Badung, Selasa kemarin.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah 133 PPL se Tabanan, dihadiri Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, Wakapolres Tabanan Kompol Wimboko, serta Ketua KPU Tabanan Luh Darayoni. Ketua Panwaslu Tabanan, I Made Rumada mengatakan, PPL bertugas mengawasi jalannya Pilgub Bali 2018 dan pemilihan DPR RI, DPD dan DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. "Saat ini yang kami lantik ada 133 PPL," ujarnya.

Dikatakannya, PPL dalam bertugas akan dilindungi Undang-Undang jadi saat bertugas ditegaskan tidak boleh takut dan ragu. "Saya harapkan semua bekerja dengan baik, tidak takut dan ragu. Serta harus bekerja profesional dan menjunjung tinggi netralitas," tegas Rumada.

Setelah dilantik, 133 PPL ini akan diberikan pembekalan. Meskipun diakui Rumada petugas PPL ada wajah lama dan wajah baru pembekalan teknis itu wajib diikuti serta akan diajak ikut memetakan titik rawan sehingga PPL bisa lebih siaga. Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya meminta agar Panwaslu di Tabanan memberikan pembekalan yang optimal kepada PPL yang sudah dilantik. "Jangan sampai ada zona abu-abu, yang jelas tugas mereka di pembekalan dipertegas supaya tidak ada salah di kemudian hari," jelasnya.

Sementara di Badung, sebanyak 62 PPL dilantik di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Selasa kemarin. Para PPL ini bertugas mengawasi seluruh tahapan Pilgub Bali tahun 2018 di masing-masing desa/kelurahan se-Badung. Pelantikan turut dihadiri Bawaslu Provinsi Bali, KPU Badung, Jajaran Muspida dan Muspika se-Badung. “Sebagai ketua dan atas nama lembaga Panwaslu Badung saya mengucapkan selamat kepada Pengawas Pemilihan Lapangan yang baru saja dilantik dan mengucapkan sumpah di hadapan kita semua,” ucap Ketua Panwaslu Badung, I Ketut Alit Astasoma mengawali sambutannya.

Astasoma beharap kepada seluruh PPL dapat menjalankan tugasnya sebagaimana diatur Undang-Undang. Menurut dia kedudukan sebagai PPL akan turut menentukan berhasil tidaknya proses pengawasan tahapan pilkada. *d, asa

Komentar