nusabali

Muspa di Dalem Besakih, Bupati Doakan Umat Sedharma

  • www.nusabali.com-muspa-di-dalem-besakih-bupati-doakan-umat-sedharma

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri bersama jajaran sembahyang bersama di Pura Dalem Besakih, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, pada Buda Paing Uye, Rabu (17/1).

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Mas Sumatri memohon kerahayuan agar bencana Gunung Agung tidak meluas dan berangsur reda hingga normal kembali. Harapannya, masyarakat di pengungsian kembali ke kampung halamannya masing-masing.

Sembahyang bersama di Pura Dalem Besakih bertepatan digelarnya Karya Usaba Dalem Puri dipimpin I Gusti Mangku Manik Kubayan. Usai sembahyang di Pura Dalem Besakih, Bupati Mas Sumatri dan rombongan menuju Pura Basukian Besakih, Pura Pedharman, dan Pura Goa Raja. Setiap menggelar persembahyangan disertai ngaturang banten pejati dan dana punia. “Kita tidak henti-hentinya mengajak umat sedharma berdoa, memohon keselamatan untuk semesta ini. Doa agar Gunung Agung berangsur berhenti melakukan aktivitas erupsi dan doa untuk keselamatan umat sedharma baik yang tengah mengungsi maupun yang tidak mengungsi,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Sesuai ajaran Tri Hita Karana, berdoa merupakan bagian terpenting dari implementasi parahyangan, hubungan umat manusia dengan Ida Sang Hyang Widhi. “Kita mesti bangga telah dikaruniai umur panjang, keselamatan lahir dan bathin sebagai modal utama membangun negeri ini,” jelasnya. Saat sembahyang bersama, Bupati Mas Sumatri didampingi Sekda I Gede Adnya Muliadi, staf ahli Bupati Karangasem dr Priagung Duarsa, Camat Rendang I Wayan Mastra, Camat Abang I Gusti Nyoman Darsana, Kabag Kesra I Gede Basma, dan Kabag Humas dan Protokol I Gede Waskita Suta Dewa. *k16

Komentar