nusabali

Relawan Pasebaya Pantau Pamedek

  • www.nusabali.com-relawan-pasebaya-pantau-pamedek

Relawan Pasemetonan Jagabaya (Pasebaya) Gunung Agung membangun Pos Pesebaya Pura Dalem Besakih untuk memantau pamedek yang datang dan pergi silih berganti untuk sembahyang Karya Usaba Dalem Puri di Pura Dalem Besakih, Banjar Kunyit, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Mereka melakukan pemantauan selama 24 jam, setiap satu jam melaporkan situasi pamedek di Pura Dalem Besakih. Bila ada pamedek memerlukan bantuan kesehatan, angkutan, atau informasi lainnya, Pasebaya siap melayani.

Sekretaris Pasebaya Gunung Agung, I Wayan Suara, mengatakan, bila pamedek memerlukan bantuan kesehatan, relawan langsung menghubungi petugas medis di Puskesmas Rendang dengan diantar kendaraan. Jika ada pamedek tersesat, berpisah dengan keluarganya, relawan siap mempertemukan dengan keluarganya. Apalagi komunikasi melalui pesawat HT telah menjangkau seluruh Bali. Pasebaya bekerjasama dengan semeton di Tabanan, Buleleng, Klungkung, Gianyar, dan Bangli.

Operator di Pos Pasebaya Pura Dalem Besakih ditunjuk Jro Mangku Jumu dari Banjar Batang, Desa Besakih. Mangku Jumu dibantu I Nengah Suarnawa dari Banjar Kiduling Kreteg, Desa Besakih, I Wayan Nuarta dari Banjar Batusesa, Desa Menanga. “Kami melaporkan situasi kepadatan pamedek di Pura Dalem Besakih setiap jam,” ungkapnya. Operator juga menginformasikan jalur-jalur yang menuju Pura Dalem Besakih dan jalur meninggalkan Pura Dalem Besakih. Tujuannya, agar pamedek tidak terjebak di jalan.

Bahkan, relawan I Wayan Nuarta dari Banjar Batusesa, Desa Menanga tidak saja melaporkan situasi di Pura Dalem Besakih, juga sambil mobile memantau kepadatan arus lalulintas keluar masuk Pura Dalem Besakih dari Pos Pantau Banjar Batusesa. “Kami ini kan ngayah, dengan cara menginformasikan situasi di lapangan agar pamedek sejak awal mengetahui jalur-jalur menuju Pura Dalem Besakih,” jelasnya. *k16

Komentar