nusabali

Jadi Parade Budaya Terbesar

  • www.nusabali.com-jadi-parade-budaya-terbesar

DPC PDIP Buleleng untuk pertama kali akan kerahkan kekuatan secara total saat deklarasi pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace), Cagub-Cawagub yang diusung partainya bersama Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP, Sabtu (20/1).

Besok, Deklarasi KBS-Ace di Buleleng


SINGARAJA, NusaBali
Deklarasi KBS-Ace besok siang akan dibalut dengan parade budaya yang melibatkan 105 Sekaa Baleganjur dan berbagai sekaa kesenian lain-nya se-Buleleng. PDIP klaim ini akan menjadi parade budaya terbesar sepanjang sejarah.

Sekretaris DPC PDIP Buleleng, Gede Supriatna, mengatakan acara deklarasi KBS-Ace akan dipusatkan di Taman Kota Singaraja, Jalan Ngurah Rai Singaraja, Sabtu besok. DPC PDI Buleleng pun meminta maaf kepada masyarakat, karena parade budaya ini akan menggunakan sepenuhnya ruas Jalan Ngurah Rai Singaraja.

Menurut Supriatna, deklarasi KBS-Ace besok akan diisi dengan parada budaya yang melibatkan 105 Sekaa Baleganjur dari 9 kecamatan se-Kabupaten Buleleng. Selain itu, juga disiapkan Sekaa Megoak-goakan, atraksi Joged Bumbung, Sekaa Geguntangan, Hadram Kasidah, Rebana, Barong Sai, Tari Barong, Wayang Wong, Tari Kecak Kolosal, Gebung Ende, hingga Pencak Silat.

Parade budaya untuk deklarasi KBS-Ace nanti akan dimulai dari depan Tugu Singa Ambara Raja. Selanjutnya, parade budaya bergerak menuju pusat deklrasi di Taman Kota Singaraja, yang berjarak sekitar 1 kilometer arah utara Tugu Singa Ambara Raja. “Dalam parade budaya itu, juga akan menampilkan dua pasangan Sapi Gerumbungan yang akan mengantar pasangan calon menuju Taman Kota Singaraja,” ungkap Supriatna di Singaraja, Kamis (18/1).

Supriatna menyebutkan, agenda deklrasi KBS-Ace besok akan dimulai siang sekitar pukul 13.00 Wita. Deklarasi diawali dengan persembahyangan bersama KBS-Ace di tanah leluhur Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarnoputri, yakni di Merajan dan Pura Desa Bale Agung, Kelurahan Paket Agung, Kota Singaraja (Kecamatan Buleleng).

“Setelah persembahyangan bersama, pasangan KBS-Ace akan jalan kaki dari Pura Desa Bale Agung menuju Tugu Singa Ambararaja---yang berjarak sekitar 800 meter ke arah barat. Nanti ada penyambutan pasangan calon di Tugu Singa Ambarajaja,” terang politisi asal Desa/Kecamatan Tejakula, Buleleng yang juga Ketua DPRD Buleleng 2014-2019 ini.

Di Tugu Singa Ambararaja, penyambutan KBS-Ace akan dilakukan oleh pasukan Goak dengan tarian Megoak-goakan. Usai penyambutan, pasangan calon bersama rombongan akan long march ke arah utara menuju Taman Kota Singaraja. Sepanjang perjalanan, akan dipentaskan berbagai kesenian yang ada di Buleleng. “Nanti sepanjang Jalan Ngurah Rai sampai Taman Kota Singaraja, ada parade budaya di mana semua jenis kesenian kita tampilkan,” tandas Supriatna.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Buleleng, Putu Agus Suradnyana, mengatakan secara pribadi maupun partai, pihaknya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Gumi Panji Sakti atas gangguan yang ditimbulkan dari kegiatan parade budaya deklarasi KBS-Ace, Sabtu besok. Menurut Agus Suradnyana, ribuan massa pastinya akan terlibat dalam parade budaya nanti.

“Saya secara pribadi maupun DPC PDIP Buleleng meminta maaf jika nanti ada gangguan terutama arus lalulintas, selama parade budaya. Sebab, parade budaya nanti melibatkan banyak orang. Ini jauh lebih banyak dari parade budaya yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Ini parade budaya terbesar sepanjang sejarah di Buleleng,” papar Agus Suradnyana yang juga Bupati Buleleng.

Sebelumnya, KBS-Ace sudah dideklarasikan PDIP di berbagai kabupaten se-Bali. Termasuk deklarasi KBS-Ace di Bangli yang melibatkan 10.000 massa dan deklarasi KBS-Ace di Gianyar yang bahkan melibatkan 42.000 massa.

Saat acara deklarasi KBS-Ace di Lapangan Astina Raya Gianyar---yang dilakukan bersamaan dengan deklarasi Paket Aman (Made Agus Mahayastra-AA Gde Mayun), Cabup-Cawabup Gianyar yang diusung PDIP-Hanura---, 8 Januari 2018 lalu, ada 303 Sekaa Baleganjur ikut terlibat. Atraksi tabuh 303 Sekaa Baleganjur itu pun membuahkan catatan Muri (Museum Rekor Indonesia). *k19

Komentar