nusabali

Puncak Usaba Besakih Diguyur Hujan Lebat

  • www.nusabali.com-puncak-usaba-besakih-diguyur-hujan-lebat

Puncak Karya Usaba Dalem Puri di Pura Dalem Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, , Karangasem pada Sukra Wage Uye, Jumat (19/1) diguyur hujan lebat.

AMLAPURA, NusaBali

Usabha Dalem Puri terlihat sepi dibandingkan upacara tahun-tahun sebelumnya. Sehingga tidak terjadi antrean para pamedek. Upacara Usabha Dalem Puri dipuput Ida Pedanda Gede Pinatih dari Gria Carik, Desa/Kecamatan Sidemen.

Pamedek yang tangkil ke Pura Dalem Besakih terlihat sepi, bisa dihitung dengan jari. Baik saat menggelar soda kepada sang pitara di Tegal Penangsaran atau jaba Pura Dalem maupun sembahyang di Pura Prajapati dan Pura Dalem. Pecalang, petugas kepolisian, Satpol PP, dan relawan Pasebaya Gunung Agung Karangasem lebih mudah mengatur kelancaran pamedek untuk melakukan persembahyangan. Hanya saja pamedek agak kesulitan menggelar persembahyangan di jaba pura dan di jeroan pura karena diguyur hujan leba.

Pamangku Pura Dalem Besakih, I Gusti Mangku Manik Kubayan mengatakan, sejak tiga hari terakhir selama karya berlangsung terus turun hujan. “Upacara jalan terus. Pengayah ikut berhujan-hujanan melayani pamedek, begitu juga pamedek kehujanan melakukan persembahyangan,” ungkap Gusti Mangku Manik Kubayan. Meski pamedek relatif sepi, Kapolsek Rendang Kompol I Nengah Berata tetap menyiagakan petugasnya untuk mengatur kelancaran lalulintas dan kendaraan pamedek dipusatkan parkir di Terminal Banjar Kedundung, Desa Besakih. *k16

Komentar