nusabali

Pipa Jebol, Aliran Air Macet

  • www.nusabali.com-pipa-jebol-aliran-air-macet

Pipa milik PDAM Karangasem jebol sepanjang 12 meter di Lingkungan Peladung, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan/Kabupaten Karangasem, Kamis (25/1) malam.

AMLAPURA, NusaBali

Pipa PDAM itu rusak akibat tertimpa senderan di jalan Amlapura-Singaraja longsor. Akibatnya, suplai air ke pelanggan terutama ke wilayah Kelurahan Padangkerta hingga Jalan Veteran, Jalan Untung Surapati, Jalan Nenas, Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, macet.

Direktur PDAM Karangasem, I Gusti Made Singarsi, mengaku telah melakukan penanganan dengan menyambung pipa yang jebol. Namun aliran air ke pelanggan sangat kecil. Penyebabnya, ada material masuk pipa yang menyumbat aliran air. Sebelum disambung, air PDAM terbuang ke selokan. Air itu bersumber dari Tirtagangga, Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang. “Kami masih mencari sumber sumbatan itu agar suplai air kembali lancar,” jelas I Gusti Made Singarsi, Jumat (16/1).

I Gusti Made Singarsi mengatakan, untuk mendapatkan sumber sumbatan itu, rencananya mengujicoba pipa di beberapa bagian. Caranya dengan memotong pipa. Jika potongan pipa tak berisi air, berarti di bagian hulu dari pipa itu lokasi sumbatannya. Gusti Singarsi mengakui, persoalan teknis dialami PDAM selama ini adalah menghadapi pipa yang tersumbat. Sehingga sulit menentukan lokasi sumbatan tersebut. Beda dengan melakukan penyambungan pipa dengan cepat bisa diatasi.

Sementara Lurah Padangkerta, Ni Kadek Dwi Kartini, membenarkan ada pipa PDAM yang jebol di Lingkungan Peladung sehingga aliran air belum normal. “Kami lihat PDAM telah melakukan perbaikan, hanya saja aliran airnya belum lancar,” ujar Dwi Kartini. Diharapkan, aliran air kembali normal sehingga pelanggan PDAM bisa memanfaatkan air bersih. *k16

Komentar