nusabali

Bupati Karangasem Pertanyakan Pembagian KKC

  • www.nusabali.com-bupati-karangasem-pertanyakan-pembagian-kkc

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, pertanyakan teknis pembagian KKC (Kartu Karangasem Cerdas) untuk SD dan SMP.

AMLAPURA, NusaBali
Sebab KKC merupakan program unggulan sesuai janji kampanye saat Pilkada Karangasem. Semestinya KKC diserahkan Bupati Karangasem, namun dari beberapa kali penyerahan tanpa melibatkan bupati. Teknis penyerahan KKC untuk siswa SD dan SMP ditanyakan Bupati Karangasem ke Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, di kantor bupati, Senin (29/1).

“Semestinya kan setiap penyerahan KKC melibatkan Bupati Karangasem. Agar kami bisa jelaskan kepada masyarakat bahwa KKC itu janji kepada masyarakat sebelum jadi Bupati Karangasem,” jelas Bupati Mas Sumatri. Sehingga bisa nyambung antara janji dan realisasi. Apalagi masyarakat selama ini trauma dengan janji-janji politik. “Bila perlu kami menyerahkan KKC itu di tiap kecamatan,” tambahnya.

Bupati Mas Sumatri baru mengetahui KKC telah dibagikan setelah membaca di media. Apalagi di setiap KKC berisi foto Bupati dan Wakil Bupati Karangasem. Penyerahan KKC langsung oleh bupati tujuannya masyarakat paham program unggulan untuk tuntaskan wajib belajar 9 tahun di Karangasem. Penyerahan langsung oleh bupati juga bertujuan masyarakat mengetahui pemimpinnya telah berbuat meringankan biaya sekolah.

Sementara Kepala Disdikpora Karangasem, Gusti Kartika,  mengakui telah membagikan KKC di tujuh dari delapan kecamatan di Karangasem. “Pembagian KKC terakhir di Kecamatan Karangasem. Rencananya di Gedung UKM Center Amlapura. Acaranya masih menunggu kepastian dari pihak sekolah mendatangkan orangtua siswa,” kata Gusti Kartika. Diterangkan, KKC yang terisi belum dibagikan adalah untuk siswa SMP di Kecamatan Karangasem yakni SMPN 1 Amlapura, SMPN 2 Amlapura, SMPN 3 Amlapura, SMPN 4 Amlapura, SMPN 5 Amlapura, dan SMPN 6 Amlapura.

Siswa yang dapat KKC dari keluarga kurang mampu, per siswa kebagian Rp 1 juta per siswa per tahun. Sebanyak 6.589 KKC tersedia untuk 32 SMP Negeri dan 21 SMP Satu Atap dengan dana Rp 6,589 miliar hanya yang tersisa sebanyak 1.437 KKC di Kecamatan Karangasem. KKC yang telah dibagikan di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Abang 1.225 KKC, Bebandem 629 KKC, Kubu sebanyak 910 KKP, Manggis sebanyak 724 KKC, Rendang sebanyak 521 KKC, Selat sebanyak 599 KKC dan Sidemen sebanyak 544 KKC. *k16

Komentar