nusabali

Bupati Mas Sumatri Raih SAKIP Kategori Baik

  • www.nusabali.com-bupati-mas-sumatri-raih-sakip-kategori-baik

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, meraih penghargaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur di Nusa Dua Convention Center Badung, Rabu (31/1).

AMLAPURA, NusaBali
Penghargaan itu merupakan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (AKIP) Wilayah Kerja II tahun 2017. Bupati Mas Sumatri meraih skor 66,24, naik dibandingkan tahun lalu dengan skor 63,25. Prestasi tahun ini masuk kategori baik atau masuk grade B.

Bupati Mas Sumatri menjelaskan, SAKIP merupakan integrasi sistem perencanaan sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja sejalan dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Setiap OPD diwajibkan mencatat dan melaporkan penggunaan keuangan negara. Hasil dari pelaporan keuangan negara itulah dievaluasi di setiap akhir tahun, mengacu Inpres No 07 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Instansi Pemerintah. “Kami berupaya tahun ini kinerja pelaporan keuangan lebih baik dan lebih berkualitas, sehingga berharap masuk ke grade A. Tentunya atas dukungan semua OPD,” jelas Bupati Mas Sumatri.

Dijelaskan, grade A yang dimaksud di kisaran skor 75-85, yang merupakan penilaian sangat baik. Diakuinya, prestasi kali ini berkat kerja keras semua OPD di jajaran Pemkab Karangasem. Prestasi itu membuktikan telah memberdayakan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran di bandingkan dengan capaian kinerjanya. Ke depan agar penyelenggaraan pemerintahan yang berorentasi pada hasil.

Dikatakan, meski di tengah ancaman bencana Gunung Agung yang berstatus awas tetapi semangat memajukan pembangunan di Karangasem terus dilipatgandakan. “Bencana itu berkah, bencana hanya di sekeliling Gunung Agung, di luar itu terus melakukan inovasi memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. *k16

Komentar