nusabali

Inkop Bali Dorong Peningkatan SDM Koperasi

  • www.nusabali.com-inkop-bali-dorong-peningkatan-sdm-koperasi

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali mendorong koperasi di daerah itu untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya pengelolanya karena akan sangat menentukan kemajuan badan usaha tersebut.

DENPASAR, NusaBali

"Koperasi harus benar-benar dikelola oleh orang-orang yang berintegritas, agar citra koperasi yang sudah baik tetap terjaga," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali Dewa Nyoman Patra, Rabu (31/1).

Dari hasil pemantauan dan pengawasannya selama ini, koperasi yang akhirnya bangkrut atau bermasalah karena 99 persen disebabkan oleh pengurusnya yang tidak berintegritas. "Oleh karena itu, kami terus mendorong koperasi agar pengelolanya telah melalui proses sertifikasi. Saat ini, sekitar 78 persen koperasi di Bali pengelolanya telah tersertifikasi," ucap Dewa Patra di sela-sela acara perpisahannya dengan para staf dan jajaran pejabat OPD Pemprov Bali itu.

Dia menambahkan, saat ini dari 4.985 koperasi di Bali, jumlah koperasi yang tidak aktif ataupun bermasalah di bawah 10 persen. Pihaknya pun telah mengusulkan pembubaran 214 koperasi untuk tahun ini karena kondisinya yang tidak aktif dan sudah tidak bisa dilakukan pembinaan.

"Saya mengharapkan ke depan agar petugas peninjau lapangan koperasi benar-benar mengecek keanggotaan koperasi, supaya jangan sampai disalahgunakan oleh pemodal yang ingin berbuat nakal," ujar Dewa Patra yang purnatugas mulai 1 Februari 2018 karena pensiun.

Meskipun belum semua koperasi di Bali berstatus ‘sehat’, ujar Dewa Patra, namun daerah setempat dalam beberapa tahun terakhir telah mendapatkan sejumlah penghargaan nasional di bidang koperasi. Provinsi Bali telah mendapatkan Paramadhana Utama Nugraha Koperasi yaitu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Provinsi Penggerak Koperasi. Selain itu, seluruh kabupaten/kota di Bali juga telah mendapatkan penghargaan sebagai Penggerak Koperasi.

"Saya harapkan, pejabat pengganti saya nanti minimal bisa mempertahankan prestasi yang selama ini telah diraih Bali. Selain itu, agar bisa membawa koperasi yang ada menjadi lebih sehat dan berkualitas," kata kepala dinas yang telah mengabdi 38 tahun sebagai aparatur sipil negara itu.*ant

Komentar