nusabali

PT LIB Jadwalkan Liga 1 Mulai 3 Maret

  • www.nusabali.com-pt-lib-jadwalkan-liga-1-mulai-3-maret

Kompetisi Liga 1 direncanakan kick-off pada 3 Maret 2018.

JAKARTA, Nusa Bali

PT Liga Indonesia Baru (LIB) berharap jadwal tersebut tak berubah.  Bahkan kini LIB telah menyerahkan draft jadwal dan regulasi kompetisi Liga 1 kepada PSSI. PSSI pun telah mereview draft tersebut dan kemungkinan besar kickoff pada 3 Maret.

"90 persen pada 3 Maret jangan berubah lagi. Untuk regulasi, minggu ini akan kami kirim ke klub. Pendaftaran pemain akan kami buka di tanggal 3 Februari," ujar chief operating officer LIB, Tigorshalom Boboy, di Jakarta, Kamis (1/2).

Saat ini klub-klub Liga 1 sedang mengikuti turnamen Piala Presiden yang berakhir pada 17 Februari. Ada rencana turnamen lain digelar yaitu Piala Gubernur Kaltim. Tigor memastikan, turnamen itu tak akan menganggu jadwal kickoff Liga 1.

Sementara itu terkait regulasi pemain asing, Tigor menyebut 3+1 (3 pemain dari negara mana saja dan satu dari Asia). Tak ada lagi marquee player.

"Pemain yang didaftarkan maksimal 30. Kalau kuota terpenuhi, tujuh sekurang-kurangnya harus pemain dengan usia U-23," kata Tigor. Pada kesempatan itu, Tigor juga menyampaikan, pihaknya telah selesai melakukan verifikasi terhadap stadion yang dipakai klub-klub Liga 1. Hasilnya, ada tiga stadion yang dinyatakan tak lolos verifikasi.

Ke-tiga stadion yang tidak lolos tersebut adalah Stadion Teladan yang jadi kandang PSMS Medan, Stadion Moch Soebroto yang markas PSIS Semarang, dan Stadion Marora yang homebase Perseru Serui. Tigor pun menjelaskan alasan stadion yang tidak lolos verifikasi lantaran tidak sesuai dengan standar. Klub dipersilakan mencari stadion lain atau melakukan renovasi.

"Ada beberapa stadion yang kami anggap layak atau tidak dan kami sudah stempel, lah begitu. Kalaupun tidak layak kami masih memberikan waktu kapan selesainya (renovasi) dan kalaupun tidak selesai kami memberikan opsi silakan mencari stadion dan pada saat stadion sudah layak silakan daftar dan kembali," ungkap Tigor. *

Komentar