nusabali

Kapolda Nilai Pilgub Bali Tak Masuk Zona Rawan

  • www.nusabali.com-kapolda-nilai-pilgub-bali-tak-masuk-zona-rawan

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus R Golose menilai Pilgub Bali 27 Juni 2018 bukan termasuk zona rawan dibandingkan daerah lain di Indonesia.

AMLAPURA, NusaBali

Meski demikian Polda Bali bersama TNI siap mengamankan jalannya Pilgub Bali. Agar Pilgub Bali lancar tanpa hambatan, tanpa riak-riak. Selain mengamankan jalannya Pilgub Bali, Polri dan TNI benar-benar netral karena tidak punya hak memilih.

Kapolda Irjen Pol Petrus R Golose mengungkapkan hal itu di acara magibung bersama digelar Polres Karangasem di Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, Banjar Ujung Pesisi, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Jumat (2/2) pukul 10.00 Wita.

Sebenarnya pengaman yang paling utama adalah rakyat. "Kami yakin, rakyat mengamankan Pilgub Bali setulus tulusnya," kata Irjen Golose. Satu hal yang perlu ditekankan Kapolda Irjen Golosa, kepada rakyat, bahwa Polri benar-benar netral, yang bertugas mengamankan jalannya Pilgub Bali. KPU bertugas sebagai penyelenggara, sehingga tercipta Pilgub Bali yang kondusif.

Soal pelanggaran kata Kapolda Bali Irjen Petrus, telah dipaparkan Bawaslu Bali, akan menindak tegas setiap pelanggar. Kedatangan Kapolda ke Objek Wisata Taman Sukasada Ujung, juga bertujuan untuk bertatap muka dengan segenap pejabat OPD, perbekel, tokoh masyarakat, pamangku se-Karangasem untuk memberikan arahan agar turut proaktif mengamankan jalannya Pilgub Bali. Usai acara diisi magibung (makan lesehan).

Menyinggung netralitas di Pilgub Bali, Ketua Bawaslu Bali I Ketut Rudia menekankan, agar perbekel dan ASN (aparatur sipil negara) diimbau agar netral walau di bilik suara akhirnya mereka punya hak suara untuk memilih salah satu kandidat.

"Jangan sampai Ketua Bawaslu dari Karangasem justru di Pilgub Bali muncul banyak pelanggaran dari Karangasem, saya jadi malu. Bagi yang mengetahui dugaan terjadinya pelanggaran jangan takut melapor," pinta I Ketut Rudia.

Sedangkan Ketua KPU Bali Dewa Raka Wiarsa Sandi mengajak seluruh masyarakat Karangasem yang telah memiliki hak pilih agar memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih, dan ber KTP elektronik. "Jangan sampai ada warga masyarakat Karangasem tidak terdaftar," katanya. Hadir dalam acara kemarin, Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri, tokoh Puri Karangasem AA Made Dewandra Jelantik, Ketua KPU Karangasem I Made Arnawa, segenap perbekel, pecalang, pamangku dan tokoh masyarakat lainnya. *k16

Komentar