nusabali

1.000 Siswa Diagendakan Ikut Kemah Budaya

  • www.nusabali.com-1000-siswa-diagendakan-ikut-kemah-budaya

Kemah Budaya tahun 2018 disinergikan dengan perayaan HUT Kota Amlapura direncanakan diikuti 1.000 siswa dari 45 SMP negeri dan swasta di Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali

Kemah Budaya akan diisi 4 bidang seni meliputi seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni drama. Para siswa akan diadu seni dan pemenangnya menerima penghargaan yang akan diserahkan Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri saat puncak HUT Kota Amlapura, Jumat (22/6) mendatang.  

Ketua Panitia yang juga Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Seni  Budaya SMP, Ida Wayan Gotama Adi Putra mengaku telah menggelar pertemuan melibatkan guru seni dan budaya SMP se-Karangasem. Dalam pertemuan itu disepakati menggelar kemah budaya yang akan dipusatkan di Stadion Gunung Agung Amlapura. Sehingga setiap sekolah termotivasi berkreativitas di bidang seni. Terlebih lagi setiap bidang dilombakan dan para pemenang menerima penghargaan dari Bupati Karangasem. “Kemah Budaya untuk mewadahi bakat-bakat siswa SMP di bidang seni. Setiap acara dan dilombakan, sehingga siswa termotivasi,” jelas Ida Wayan Gotama Adi Putra di SMPN 3 Bebandem, Banjar Butus, Desa Bhuana Giri, Bebandem, Selasa (6/2).

Ida Gotama Adi Putra menegaskan, waktu pentas akan dibatasi untuk agar semua peserta bisa tampil. Bidang seni rupa dengan tema melukis suasana Karangasem, musik menampilkan paduan suara dan lagu pilihannya lagu Pop Bali, seni tari menampilkan satu tarian, dan seni drama menampilkan drama satu babak temanya Karangasem the Spirit of Bali. “Harapannya budaya Karangasem bisa berkembang mulai dari para remaja yang duduk di bangku SMP,” jelas guru mata pelajaran seni dan budaya SMPN 3 Bebandem dari Gria Tengah, Banjar Brahmana, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem ini.

Terpisah, Kepala SMPN 3 Selat, I Nengah Sikiarta, mengaku telah siap berpartisipasi di empat bidang seni. “Sudah ada kesepakatan menggelar kemah budaya,” ungkap Sikiarta. Sementara Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karangasem, I Wayan Sarya mendorong agar Kemah Budaya 2018 jadi agenda tahunan. “Positifnya pembelajaran bidang seni dan budaya lebih kreatif di setiap sekolah. Bakat siswa teersalurkan melalui kemah budaya,” jelas Wayan Sarya. *k16

loading...

Komentar