nusabali

Disdikpora Larang Les Tambahan

  • www.nusabali.com-disdikpora-larang-les-tambahan

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng dengan jelas melarang seluruh sekolah di Buleleng untuk menggelar les tambahan pelajaran bagi siswanya.

SINGARAJA, NusaBali
Termasuk les pengulangan pelajaran di luar jam sekolah. Hal tersebut dinilai sebagai ciri pelaksanaan pembelajaran di jam efektif di sekolah tidak berjalan dengan baik. Kadisdikpora Buleleng, Gede Suyasa yang dihubungi Rabu (7/2) kemairn mengaku sudah berkeliling ke sekolah di jenjang pendidikan dasar dan menengah dan memberikan imbauan tersebut. Ia pun kini sedang berupaya untuk mengubah paradigma pendidikan di Buleleng yang selama ini memberikan beban lebih kepada siswa.

Siswa yang diharuskan mengikuti les tambahan mata pelajaran yang menurut Suyasa seharusnya tuntas di jam efektif sekolah akan menjadi beban tambahan bagi siswa. Sehingga generasi penerus di masa depan tidak memiliki waktu luang bersama keluarga dan juga waktu bersosialisasi dengan teman dan lingkungan sekitarnya.

“Untuk les tambahan pelajaran kita sudah imbau kepada sekolah agar tidak lagi melaksanakannya, termasuk memberikan PR berat, kecuali les di luar akademik seperti les olahraga atau kesenian,” kata dia. Imbauan laragan itu selain disampaikan langsung olehnya juga akan disusul dengan surat edaran resmi. Meski di sejumlah kecamatan seperti di Kecamatan Sawan Buleleng, pelaskanaan les tambahan sudah tidak terdeteksi lagi.

Namun di Kecamatan Buleleng dan yang lainnya nampak masih ada yang melaksanakannya. Pihaknya pun mengaku akan memberikan tindakan tegas jika masih ada sekolah dan guru yang mengharuskan anak didiknya mengikuti les tambahan pembelajaran. Karena menurut Suyasa beban kurikulum jika dihitung hari efektif if sekolah sudah selesai prosesnya di sekolah. “Kalau ada tambahan di luar itu berarti pelaksanaan jam resmi kan tidak baik. Ada yang ditinggalkan sehingga perlu diisi lagi di jam lain,” imbuh dia.

Les tambahan hanya dimungkinkan diberikan sekolah dan gurunya saat siswa akan mengikuti ujian nasinal. Les tambahan pun diberikan dalam bentuk latihan soal, tidak lagi pengulangan materi pembelajaran di sekolah.*k23

loading...

Komentar