nusabali

15 Parpol Lolos di Jembrana, di Bangli Hanya 13

  • www.nusabali.com-15-parpol-lolos-di-jembrana-di-bangli-hanya-13

Verifikasi Parpol Jelang Pemilu 2019

NEGARA, NusaBali

KPU Jembrana menggelar rapat pleno terbuka hasil verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Jembrana di Gedung Kesenian Bung Karno (GBKBK) Jembrana, Rabu (7/2). Dalam rapat pleno tersebut terungkap sebanyak 15 parpol di Jembrana dinyatakan lolos verifiksasi faktual. Sementara di Kabupaten Bangli, hanya 13 parpol yang lolos.

Di Jembrana, parpol yang lolos verifikasi faktual itu, yakni 12 parpol lama atau peserta Pemilu 2014, yakni PDIP, Demokrat, Gerindra, Golkar, Hanura, PKB, PKS, PPP, NasDem, PAN, PBB, dan PKPI. Sedangkan 3 parpol lainnya adalah parpol baru, yakni Perindo, Garuda, dan Berkarya. Dalam pleno kemarin, dihadiri Kapolres Jembrana AKBP Priyanto Priyo Hutomo, Dandim 1617/Jembrana Letkol Kav Djefri Marsono Hanok, Ketua Panwaslu Jembrana Pande Made Ady Muliawan, perwakilan dari Kesbangpol Jembrana, Kejari Jembrana, serta perwakilan parpol.

Ketua KPU Jembrana, Gusti Ngurah Agus Darmasanjaya sebelumnya PKPI mengikuti masa perbaikan terakhir pada 3-5 Februari. Dalam masa perbaikan tersebut dilanjutkan dengan verifikasi faktual pada 6 Februari, parpol bersangkutan sudah dapat memenuhi syarat. “Ada 4 item yang kami verifikasi faktual, di antaranya kantor, keanggotaan, dan keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan,” ujarnya.

Menurut Darmasanjaya dari 15 parpol, ada dua yang pengurusnya belum memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan yakni Hanura 28 persen dan PKB 27 persen. “Tapi di daerah kan tak harus memenuhi (30 persen perempuan),” pungkasnya. Sementara dalam Rapat Pleno KPU Kabupaten Bangli terungkap 13 parpol lolos verifikasi faktual, yakni 9 parpol lama (PDIP, NasDem, Gerindra, PAN, Golkar, PKPI, PBB dan Demokrat) dan 4 parpol baru (PSI, Berkarya, Garuda dan Perindo). Sebelumnya ada 14 parpol yang mendaftar, hanya saja Partai Indonesia Kerja (PIKA) tidak memenuhi syarat karena tidak adanya aktivitas di Bangli.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Bangli, I Dewa Agung Gede Lidartawan usai Rapat Pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi faktual Parpol Pemilu 2019 di Wantilan Sekretariat Mahagotra Tirta Arum, LC Uma Bukal, Keluharan Cempaga, Bangli, Rabu (7/2). “Sehingga masyarakat tahu partai yang sudah memenuhi syarat,” katanya. *ode, e

Komentar