nusabali

Tingkatkan Akselerasi Pelayanan Publik, Badung Kembali Gelar Mangupura Award

  • www.nusabali.com-tingkatkan-akselerasi-pelayanan-publik-badung-kembali-gelar-mangupura-award

Tahun 2018 Pemkab Badung kembali menggelar anugerah Mangupura Award.

MANGUPURA, NusaBali

Kali ini tidak hanya diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD), namun juga perusahaan daerah (PD) dan pemerintah desa (pemdes) se-Badung termasuk perorangan. Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi terkait persiapan penilaian Mangupura Award 2018 yang dipimpin Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Kamis (8/2).

Kepala Badan Litbang Badung I Wayan Suambara melaporkan, Mangupura Award adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemkab Badung kepada OPD, perusahaan daerah (PD), pemdes, juga perorangan yang memperoleh pengakuan atas jasa-jasanya bagi Kabupaten Badung sebagai penggagas maupun pelestari atau prestasi tingkat provinsi, nasional, dan internasional yang diraih di bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan, dan olahraga. Serta perorangan yang diakui prestasinya yang membawa nama baik Kabupaten Badung di bidang tersebut di atas.

“Mangupura Award dibagi dua kategori yaitu kategori penilaian bagi perangkat daerah dan pemeintah desa dan kategori pengakuan bagi perseorangan,” jelasnya.

Tujuan Mangupura Award ini untuk memotivasi dan mendorong OPD, PD, dan pemdes untuk meningkatkan kinerja, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar serta inovatif. Selain itu memberikan penghargaan kepada perorangan berkat jasa dan prestasinya baik di bidang pendidikan, kebudayaan, kesehatan, lingkungan, dan olahraga.

Ada tujuh kategori penilaian untuk OPD, PD, pemdes, meliputi penatausahaan aset daerah, tata kelola keuangan daerah, tata kelola arsip, tata kelola disiplin PNS, tata kelola pelayanan publik, program inovasi, dan administrasi akuntabilitas. “Ini merupakan penilaian terhadap kinerja OPD, PD, pemdes tahun 2017,” ujarnya. Penilaian akan dilakukan oleh tim yang dibentuk Pemkab Badung terdiri dari tim eksternal dan internal pemerintah.

Mengenai penilaian, para peserta harus menyetorkan dokumen administrasi yang menjadi indikator penilaian kepada Tim Verifikasi Dokumen Mangupura Award pada Bidang Pembangunan, Inovasi, dan Teknologi Balitbang Badung pada April 2018. Selanjutnya tim akan melakukan verifikasi lapangan mulai April hingga Juli 2018. Anugerah Mangupura Award akan diserahkan pada puncak HUT Ibukota Badung Mangupura pada 16 November 2018.

Sekda Adi Arnawa mengatakan, digelarnya Mangupura Award ini agar OPD di lingkungan Pemkab Badung mampu berakselerasi, melakukan percepatan berkaitan dengan arah dan kebijakan pimpinan dalam mengelola pemerintahan di Badung. Sehingga tidak ada stagnasi antara kebijakan pimpinan dengan apa yang diimplementasikan oleh OPD.

“Kami inginkan ke depan dengan Mangupura Award ini, OPD secara bersama-sama mampu menterjemahkan RPJMD Semesta Berencana,” tegasnya. Adi Arnawa selaku penggagas ini juga menyampaikan apresiasi kepada tim juri yang telah menyusun kriteria penilaian. “Kalau ini dapat dilakukan semua, kami yakin dan percaya Badung akan menjadi role model,” jelasnya. Dia berharap tim juri mengedepankan objektifitas dan profesionalitas. *asa

Komentar