nusabali

Ratusan Wartawan 'Magibung' di Kota Padang

  • www.nusabali.com-ratusan-wartawan-magibung-di-kota-padang

Ratusan wartawan dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk 10 jurnalis dari Bali, mengikuti acara Makan Bajamba di Museum Adhityawarman, Kota Padang, Sumatra Barat, Kamis (8/2) malam.

Tradisi Makan Bajamba Juga Diikuti 3 Menteri


PADANG, NusaBali
Tradisi Makan Bajamba yang mirip dengan acara ‘magibung’ di Bali ini dilakukan serangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang digelar di Padang, 1-9 Februari. Tradisi Makan Bajamba di Museum Adhityawarman Padang, Kamis malam, dihadiri langsung tiga menteri dari Kabinet Kerja, masing-masing Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Sosial Idrus Marham. Ketua PWI Pusat Margiono dan sejumlah perwakilan negara sahabat juga hadir bersama tokoh masyarakat Padang.

Sedangkan dari Bali, antara lain, ikut I Gusti Putu Edy Sudarma (wartawan NusaBali yang pengurus PWI Bali), IGMB Dwikora Putra (wartawan Warta Bali yang Ketua PWI Bali), dan Emanuel Dewayta Oja (wartawan Fajar Bali yang pengurus PWI Bali).

Tradisi Makan Bajamba ini mirip dengan Megibung di Bali. Makan Bajamba adalah tradisi makan adat masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersila bersama-sama. Di bagian tengah, berjejer dulang atau nampan berisi beragam makanan khas tanah Minangkabau yang sudah siap disantap.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit, menjelaskan dalam Makan Bajamba malam itu, ada sekitar 300 dulang yang disiapkan, lengkap berisi aneka makanan khas Minang. Satu dulang makanan untuk santap enam orang. "Jadi, yang ikut dalam Makan Bajamba kali ini diperkirakan mencapai 1.800 orang," jelas Wagub Nasrul Abit dalam sambutannya, Kamis malam.

Nasrul menambahkan, tradisi Makan Bajamba dengan duduk bersila bersama-sama, bukan sekadar untuk menyantap makanan. Di situ juga sekaligus dilakukan musyawarah untuk mengambil suatu keputusan. "Artinya, masyarakat Minang itu untuk mencari kata sepakat atau mufakat, ya seperti ini. Dan, ini adalah tradisi asli masyarakat Sumatra Barat," papar Nasrul.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Margiono, mengapresiasi acara Makan Majamba ini. Margiono tidak menyangka begitu tingginya antusias masyarakat Sumatra Barat dalam menyambut tamu-tamu insan pers dari berbagai daerah dan para pejabat negara pada perayaan HPN 2018 di Padang ini. "Khusus acara malam ini (Makan Bajamba), bukan hanya istimewa, tapi acara ini edan (gila). Bayangkan, orang makan bareng segini banyak," sergah Margiono.

Sedangkan Ketua PWI Bali, IGMB Dwikora Putra, yang turut mengikuti acara Makan Bajamba malam itu, mengaku senang dengan magibung ala Minangkabau tersebut. "Kalau di Bali ini kan semacam tradisi Magibung, di mana kebersamaan dan persaudaraan tanpa membedakan strata sosial sangat terasa. Apalagi, masakan Padang yang disajikan sangat enak," ujar Dwikora.

Setelah puas menikmati menu masakah khas Minang malam itu, peserta Makan Bajamba dihibur dengan tarian dan lagu lagu-adat Minangkabau. Mereka juga dimanjakan oleh penyanyi legendaris asal Padang yang melejit berkat lagu ‘Ayam Den Lapeh’, Eli Kasim.

Untuk dicatat, HPN 2018 diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). *isu

Komentar