nusabali

Rampung, Pembangunan Pura Parerepan Banjar Tegal Kuta

  • www.nusabali.com-rampung-pembangunan-pura-parerepan-banjar-tegal-kuta

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri upacara Karya Mamungkah Madya, Ngenteg Linggih, Pujawali lan Pesucian, Pasupati Pelawatan Barong Selem di Banjar Adat Tegal Kuta, Kamis (8/2)

MANGUPURA, NusaBali
Kehadiran Suiasa di Pura Pererepan disambut Sekcam Kuta I Gede Arta, Bendesa Adat Kuta I Wayan Suarsa, Lurah Kuta Wayan Dariana, Kelian Banjar Kuta Nyoman Bagiana Karang dan tokoh masyarakat Kuta.

Pada pelaksanaan upacara pacaruan juga dilaksanakan upacara pamelaspasan dan medem padagingan yang bertujuan untuk mensucikan pura yang baru selesai dibangun. Sebagai dukungan terhadap upacara tersebut, Wabup Suiasa menyerahkan Dana Aci sebesar Rp 850 juta yang diterima Nyoman Bagiana Karang.

Suiasa menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat di Banjar Adat Tegal Kuta yang telah mampu melaksanakan pembangunan pura Parerepan  sekaligus pelaksanaan upacara. “Kehadiran kami selaku pemerintah ikut ngrastitiang, semoga upacara yadnya dapat berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Kelian Banjar Adat Tegal Kuta, Nyoman Bagiana Karang menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah membantu pembangunan Pura Parerepan ‘Pelawatan Barong Selem’ dan Upacara Malaspas, Macaru, mapedagingan dapat terlaksana dengan baik.  Dilaporkan, biaya pembangunan pura termasuk pembangunan Balai Banjar menghabiskan dana  Rp 2,7 miliar.

Ketua Panitia, Nyoman Graha Wiraksana menambahkan, setelah upacara ini akan dilaksanakan upacara nebas pelawatan Ratu Ayu, Pelawatan Barong pada 11 Maret mendatang. Pada Sugian Bali dilaksanakan Upacara Pamelaspas, Pasupati, dan pangerehan di Setra Desa Adat Kuta. *

Komentar