nusabali

Siwa Murti Deklarasi Dukung KBS-Ace

  • www.nusabali.com-siwa-murti-deklarasi-dukung-kbs-ace

Dukungan terhadap pasangan Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (KBS-Ace), Cagub-Cawagub yang diusung PDIP-Hanura-PKPI-PAN-PKB-PPP, terus mengalir.

KBS-Ace Diberi Wayang Arjuna, Giri Prasta Wayang Krisna


TABANAN, NusaBali
Kali ini, giliran Perguruan Siwa Murti Bali yang menyatakan dukungan dan siap menangkan KBS-Ace, melalui deklarasi di Wantilan Desa Bia-ung, Kecamatan Penebel, Tabanan, Minggu (11/2). Deklarasi di Wantilan Desa Biang, Kecamatan Penebel, Minggu kemarin, dihadiri Ketua DPP PDIP I Made Urip, Sekretaris Deperda PDIP Bali yang juga Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama (selaku Pengarah Tim Pemenangan KBS-Ace), Srikandi PDIP yang kini Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, Ketua DPC PDIP Tabanan yang kini Wakil Bupati Tabanan I Komang Gde Sanjaya, jajaran Fraksi PDIP DPRD Bali Dapil Tabanan, jajaran Fraksi PDIP DPRD Tabanan, hingga para Bendesa Adat, Kelian Adat, Kelian Dinas, dan Kelian Subak se-Desa Penebel.

Dalam deklarasi dukungan Perguruan Siwa Murti Bali kemarin, Cagub Wayan Koster alias KBS (Koster Bali Satu) dan Cawagub Cok Ace didampingi langsung Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali, Nyoman Giri Prasta, yang kini Bupati Badung. Sedangkan Ketua Yayasan Siwa Murti Bali, Jro Mangku Made Subagia, hadir bersama jajarannya. Sebelum deklrasi dukungan, KBS-Ace Tari Rejang Renteng 250 Penari yang dibawakan ibu-ibu PKK.

Setelah deklarasi di Wantilan Desa Biaung, acara serupa kemarin juga dilakukan di Desa Mangesta (Kecamatan Penebel, Tabanan) dan di Desa Penarukan (Kecamatan Kerambitan, Tabanan). Ketua Yayasan Siwa Murti Bali, Jro Mangku Made Subagia, menjelaskan perguruan yang dipimpinnya berdiri tahun 1997. Yayasan Siwa Murti Bali bergerak di bidang kebudayaan, spiritual, sosial, dan olahraga.

“Organisasi kami sudah berdiri di seluruh tanah Bali. Ada 10 Pengurus Cabang (Pengcab) serta 33 Ranting dan Anak Ranting," tandas Jro Mangku Subagia dalam acara deklarasi bertema 'Melalui Jalan Spiritual dan Gotong Royong, Kita Menangkan KBS-Ace Menuju Bali Shanti Ja-gadhita' di Desa Biaung, Minggu kemarin.

Menurut Jro Mangku Subagia, perguruan Siwa Murti bukan hanya eksis di Bali, tapi juga memiliki Pengcab di beberapa kota besar di Indonesia, bahkan luar negeri. "Kami punya Pengcab di Jakarta. Sedangkan di luar negeri, ada di Amerika Serikat, Jerman, Jepang, dan Kamboja. Anggota kami yang resmi terdata di seluruh Bali sebanyak 63.000 orang," ungkap Jro Mangku Subagia.

Kenapa dukung KBS-Ace? Jro Mangku Subagia mengatakan, Siwa Murti Bali pilih dukung KBS-Ace dalam Pilgub Bali, 27 Juni 2018, memiliki visi dan misi yang sama. "Ternyata, visi dan misi antara yayasan yang saya naungi dan visi misi Koster-Ace sama persis. Itulah yang membuat kami mendukung Koster-Ace," dalih Jro Mangku Subagia.

Selain itu, lanjut dia, Wayan Koster Ketua DPD PDIP Bali yang tiga peruiode duduk di Komisi X DPR RI Dapil Bali merupakan figur yang begitu merakyat. Koster adalah pribadi lengkap yang lahir di tengah-tengah masyarakat. "Kami tegaskan siap menangkan Koster-Ace. Saya tahu Pak Koster sangat sederhana sekali, selalu senyum, murah hati, bijaksana, dan pantang menyerah. Beliau berlatar belakang akademisi tamatan ITB. Tiga kali jadi DPR RI, itu artinya beliau sudah terbukti," tegas Jro Mangku Subagia.

Sedangkan Cok Ace, kata Jro Mangku Subagia, adalah pribadi yang tulus menjaga adat istiadat, seni, dan budaya Bali. Cok Ace merupakan tokoh pariwisata asal Puri Agung Ubud yang sempat menjadi Bupati Gianyar 2008-2013 dan kini menjabat Ketua BPD PHRI Bali.

Dalam acara deklarasi kemarin, KBS-Ace diberikan wayang Arjuna oleh Jro Mangku Subagia. Arjuna diibaratkan seorang yang sangat tampan, bijaksana, mempunyai bathin dan jiwa yang jernih, sehingga bisa melindungi umatnya. "Kami harapkan Pak Koster dan Cok Ace menirukan sifat dari Arjuna agar bisa melindungi seluruh umat," jelas Jro Mangku Subagia.

Sedangkan Ketua Tim Pemenangan KBS-Ace Provinsi Bali, Nyoman Giri Prasta, diberikan wayang Krisna oleh Jro Mangku Subagia. Dalam Pilgub Bali 2018, Giri Prasta diibaratkan sebagai panglima perang. Kalau dalam epos Mahabharata, Krisna yang mendampingi Arjuna merupakan titisan Dewa Wisnu. "Dewa Wisnu itu memiliki sifat sejuk seperti air mengalir. Krisna yang punya andil besar memenangkan Pandawa saat perang melawang Kurawa,” jelas Jro Mangku Subagia.

Selain Yayasan Siwa Murti, dukungan penuh untuk KBS-Ace juga dialirkan para Bendesa Adat dan Pekaseh (Kelian Subak) se-Desa Penebel. "Kami berkomitmen untuk mendukung dan memilih pasangan Koster-Ace di Pilgub Bali 2018," ujar perwakilan Bendesa Adat yang membacakan deklarasi dukungan KBS-Ace kemarin.

Sementara itu, Cagub Wayan Koster alias KBS mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan Yayasan Siwa Murti dan masyarakat desa-desa di Kecamatan Penebel. KBS pun sangat antusias menghadiri acara ini, begtu diberitahu oleh Bupati Tabanan Putu Eka Wiryastuti, yang notabene Penasihat Yayasan Siwa Murti Bali.

KBS menitipkan diri agar dapat menangkan di Pilgub Bali 2018. "Saya betul-betul menyiapkan diri untuk hadir. Saya ucapkan terima kasih atas dukungan ini. Saya titip diri, tolong saya dengan setulusnya di desa ini agar menang mutlak suara 95 persen," harap KBS.

Menurut Koster, Yayasan Siwa Murti sangat diperlukan oleh masyarakat Bali. Di mata KBS, yayasan ini telah bergerak di bidang spiritualitas dan kemanusiaan dengan cukup baik. Dirinya mengaku faham betul sepak terjang Yayasan Siwa Murti di bawah pimpinan Jro Mangku Subagia. Apalagi, visi, misi, dan program kerja yayasan ini sejalan dengan visi misi dan program kerja KBS-Ace dalam memimpin Bali kelak.

"Pemerintah seharusnya memberikan dukungan penuh kepada yayasan dengan aktivitas seperti ini. Untuk memperkuat yayasan ini dalam menjalankan misi sosial dan keagamaannya, harus betul-betul kita bantu dan berikan peran seluas-luasnya agar masyarakat kita bisa ditolong," tandas KBS.

"Ke depan, astugkara Koater-Ace bisa menang, saya jamin lembaga ini. Saya berkomitmen untuk mendukung penuh, apalagi lembaganya resmi berizin Kemenkum HAM. Artinya, pemerintah sdah memberi pengakuan. Ke depan, kita betul-betuk akan ikut bergabung baik secara pribadi maupun sebagai Gubernur,” lanjut politisi militan PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini. *d

loading...

Komentar