nusabali

Jelang Imlek 2569 Patung Para Dewa Dibersihkan

  • www.nusabali.com-jelang-imlek-2569-patung-para-dewa-dibersihkan

Menjelang Hari Raya Imlek 2569 yang jatuh pada 16 Febuari mendatang, berbagai persiapan dilakukan.

MANGUPURA, NusaBali

Seperti yang terlihat di Griya Klenteng Kongco Dwipayana di Tanah Kilap, Suwung, Denpasar Selatan, Sabtu (10/2). Atu Mangku Griya Klenteng Kongco Dwipayana Ida Bagus Adnyana, mengatakan sebelum melakukan pembersihan arca atau patung dewa, terdahulu dilaksanakan sembahyang mengantar dewa ke langit. Sembahyang itu dilaksanakan pada 8 Febuari (malam). Setelah sembahyang menghantar dewa ke langit, artinya para dewa sudah kosong di dunia dan sudah di langit.

Semua arca atau patung yang disucikan semuanya dibersihkan dengan air suci dan berisi kembang. Setelah dibersihkan, patung-patung itu dikembalikan pada posisi semula. Selain patung, lingkungan klenteng juga dibersihkan. Ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Imlek. Ketika Hari Raya Imlek tiba semuanya sudah bersih. Hati bersih sehingga berdoa juga bersih.

“Saat ini para dewa sudah di langit. Pada saatnya nanti akan dilakukan persembahyangan lagi untuk menjemput para dewa kembali lagi. Kegiatan pembersihan patung dewa dan lingkungan dilaksanakan selama tiga hari sejak 9 Febuari,” tuturnya.

Setelah dilakukan pembersihan patung dewa dan lingkungan, dilanjutkan dengan pemasangan pernak-pernik Imlek seperti lampion. Pemasangan pernak-pernik itu dilaksanakan H-3 penutupan dan pembukaan tahun. “Untuk menyambut Imlek akan dilakukan persembahyangan lagi pada 15 Febuari pada pukul 00.12 Wita. Sembahyang itu adalah menutup tahun lama dan menyambut tahun baru,” ujarnya. *p

Komentar