nusabali

Mal Pelayanan Publik Pertama di Bali Diresmikan

  • www.nusabali.com-mal-pelayanan-publik-pertama-di-bali-diresmikan

Optimis Pelayanan Publik Denpasar Beri Imbas Capaian Pelayanan Nasional

DENPASAR, NusaBali
Kabar gembira untuk masyarakat Kota Denpasar karena Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar telah diresmikan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB RI, Diah Natalisa Senin (12/2) di Gedung Sewaka Dharma, Lumintang Denpasar. Peresmian tersebut dihadiri Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Hadi Purnomo, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Ketua Tim PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra, dan seluruh Jajaran OPD di Lingkungan Kota Denpasar.

Serangkaian acara launching atau peresmian Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar, juga dilaksanakan launching transaksi non tunai dan layanan mobil jenazah sebagai bentuk inovasi pelayanan untuk masyarakat Kota Denpasar.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB RI, Diah Natalisa mengatakan, bahwa peringkat EoDB (Ease of Doing Business Indonesia) Tahun 2017 naik ke peringkat 72 dari peringkat 91 pada tahun sebelumnya. “Kita optimis bahwa dengan kehadiran Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar, Indonesia mampu naik peringkat lagi seperti target Bapak Presiden Jokowi, yaitu peringkat ke-40 di Tahun 2019,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa MPP Kota Denpasar tentu sudah lama dinantikan oleh masyarakat. Ini menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat terkait dengan kemudahan pelayanan publik. “Setelah Jakarta, Banyuwangi, dan Surabaya, kini Denpasar sudah memiliki Mal Pelayanan Publik yang luar biasa, tentu masyarakat harus berbangga,’’ tambahnya.

Walikota Rai Mantra mengatakan bahwa tantangan didunia global memang sudah selayaknya mampu dijawab oleh pemerintah, dan realita yang harus kita hadapi bersama. Mal Pelayanan Publik ini tentu hadir untuk memberikan solusi dan kemudahan pelayanan publik di Kota Denpasar.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat bagaikan produsen dan konsumen. Terlebih berada di era digitalisasi, sehingga mengharuskan pemerintah untuk bertransformasi terhadap pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam kesempatan tersebut Walikota Rai Mantra juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran organisasi vertikal dan seluruh jajaran OPD yang telah menyukseskan Mal Pelayanan Publik. “Tentu kedepan akan terus bersinergi, menjadi mitra dalam menjalankan kewajiban melayani masyarakat,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas PM dan PTSP, I Made Kusuma Diputra mengatakan bahwa ini adalah bentuk inovasi guna memperluas dan mempermudah akses perizinan. Segala bentuk perizinan pertanahan dalam naungan Badan Pertanahan Negara (BPN), pelayanan pembuatan SIM, SKCK, termasuk perpajakan dapat dilakukan di Gedung Sewaka Dharma.

Hari pertama ini segala pelayanan sudah mulai dibuka, seperti halnya pelayanan perpanjangan SIM A dan SIM C. Pelaksana SIM Polresta Denpasar, Putu Supartama mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias. “Kami memang diarahkan oleh pimpinan untuk terus memberikan pelayanan maksimal, bahkan dari pagi bahkan lebih dari 30 orang yang memperpanjang SIM di sini,’’ ungkapnya.

Salah satu warga Kota Denpasar, I Gede Bagus Budiatmaja sangat mengapresiasi adanya Mal Pelayanan Publik di Kota Denpasar. “Kagum ya, karena semua perizinan pelayanannya kini sangat mudah, benar kata orang kalau generasi zaman now sukanya yang cepat dan mudah, mungkin ini salah satu jawabannya, keren,’’ ungkapnya. *m

Komentar