nusabali

Jelang Usaba Dimel, Sekaa Teruna Ngelawang Keliling Desa

  • www.nusabali.com-jelang-usaba-dimel-sekaa-teruna-ngelawang-keliling-desa

Ngelawang keliling desa sebanyak tiga kali dilakukan pada malam hari.

AMLAPURA, NusaBali
Sekaa Teruna (ST) Masman Adya Wina Cahya, Banjar Adat Kertiyasa, Desa Pakraman Selat, Kecamatan Selat, Karangasem menggelar ngelawang menjelang Usaba Dimel di Pura Dalem, pada Redite Wage Wayang, Minggu (18/2). 

Ketua ST Masman Adya Wina Cahya, I Nengah Adiyasa, mengatakan ngelawang diikuti sekitar 175 orang. Mereka keliling mulai dari Banjar Adat Kertiyasa, Banjar Adat Babakan, keliling Pura Bale Agung Desa Pakraman Selat, keliling Pasar Desa Selat, terakhir melakukan atraksi di perempatan Desa Pakraman Selat. Mereka ada yang membawa kulkul bambu sambil terus ditabuhkan, membawa obor, ada pula yang dapat tugas sebagai penabuh dan penari.

Aksi ngelawang keliling desa ini mendapat sambutan hangat krama adat. Terbukti mereka menonton aksi ngelawang dari kori (pintu gerbang) rumahnya. Petugas Polsek Selat turut membantu kelancaran ngelawa ng dan atraksi ST Masman Wina Cahya ini. Perbekel Desa Peringsari yang juga penasehat ST Masman Wina Cahya, I Wayan Bawa, mengatakan ngelawang rutin  terlaksana setiap tahun. Pesertanya keliling Desa Pakraman Selat untuk memberdayakan generasi muda di bidang seni tari dan tabuh, sekaligus sarana persahabatan bidang budaya. 

Aksi ngelawang Minggu malam cukup unik. Sejimlah pemuda ada yang mengenakan tapel Leak. Ada pula yang menarikan Calonarang. Mereka dibina olah Wayan Tetek, sempat latihan dua hari sebelum ngelawang. Anggota ST Masman Wina Cahya mengaku bangga bisa berkumpul dan bergembira bersama dalam malam seni budaya. 7 k16

loading...

Komentar