nusabali

Desa Ajukan Permohonan Ubah Status Jalan

  • www.nusabali.com-desa-ajukan-permohonan-ubah-status-jalan

Ruas panjang jalan Kabupaten Bangli semakin bertambah. Semula ruas jalan kabupaten sepanjang 733 kilometer, kini menjadi 905,812 kilometer. 

BANGLI, NusaBali
Penyebabnya, banyak desa mengalihkan status jalan desa menjadi jalan kabupaten. Pengalihan status ini akibat pemerintahan desa keterbatasan anggaran untuk pemeliharaan jalan.  

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Bangli No: 620/219/2013 panjang ruas jalan kabupaten 733 kilometer. Namun  semakin banyaknya pemerintah desa yang menyerahkan aset jalan ke Pemkab Bangli, ruas jalan kabupaten terus bertambah. Dalam SK Bupati No: 620/879/2016 panjang jalan kabupaten Bangli 905,812 kilometer. “Pasca turunnya SK Bupati Nomor 620/879/2016 tentang penetapan status jalan kabupaten, masih ada beberapa desa yang mengajukan surat permohonan menyerahkan kewenangan jalan kepada Pemkab Bangli,” ungkap Sekretaris Dinas PU Bangli, I Made Soma, Senin (12/2).

Dikatakan, surat permohonan atau pengajuan dari pihak desa ditujukan kepada Bupati Bangli dengan tembusan ke Dinas PU Bangli. Made Soma mengatakan, salah satu surat permohonan datang dari Perbekel Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, yang menyerahkan 4 ruas jalan kepada Pemkab Bangli. “Pihak desa mengajukan usulan dengan alasan medan yang berat dan keuangan desa yang belum memadai,” jelasnya. Usulan itu nantinya diverifikasi sebelum masuk dalam database jalan kabupaten.

Made Soma mengatakan, tim akan turun untuk melakukan kajian. Tim akan memutuskan layak atau tidak jalan itu berstatus jalan kabupaten. “Ada persyaratan yang harus dipenuhi, tidak semua bisa diajukan untuk jalan kabupaten,” sebutnya. Dijelaskan, jalan desa yang menjadi skala prioritas dimasukkan menjadi jalan kabupaten adalah jalan yang mengubungkan satu desa dengan desa lainya. Jalan yang menghubungkan dengan kota kecamatan dan jalan yang mengubungkan antarkabupten.

Dengan adanya pengajuan baru, akan berpengaruh terhadap panjang jalan yang bersatus jalan kabupaten. Berdasarkan data tahun 2013, panjang jalan kabupaten 733 kilometer dan pada tahun 2018 semuanya tuntas dihotmik. Namun karena ada penambahan jalan baru maka dari total 905,812 kilometer yang belum tersentuh hotmik sepanjang 248,384 kilometer. Pengerjaan hotmix ditarget rampung tahun 2019 mendatang. 7 e

Komentar