nusabali

Mesin Pengering Laundry 'Made in Bali'

  • www.nusabali.com-mesin-pengering-laundry-made-in-bali

Potensi industri manufaktur Bali, baik produk dan pasarnya cukup potensial dan menjanjikan. Contohnya produk mesin pengering laundry. 

DENPASAR, NusaBali
Selain jejalan produk luar, mesin dengan fungsi sejenis juga diproduksi SDM lokal Bali. Seperti yang terlihat sebuah bengkel Yan Tehnik Service di Banjar Laplap Desa Penatih Dangin Puri Denpasar Utara. 

Di bengkel sederhana inilah diproduksi mesin pengering untuk laundry. Pasarannya tak hanya lokal,namun juga ke luar daerah.  “Astungkara pasaran cukup terbuka, “ ujar I Wayan Suartana, montir perancang mesin pengering laundry ‘made in Bali’   Senin (12/2).

Suartana yakin, mesin pengering rancangannya yang biasadigunakan untuk usaha laundry hingga perhotelan, tidak kalah dengan perangkat sejenis dari luar yang juga banyak merambah Bali. Hal itu dibuktikan, dengan tetap mengalirnya pesanan terhadap produk buatannya. Malah  kata Suartana, pernah pihaknya sampai kewalahan melayani ramainya pesanan. “Kami ngirimnya juga sampai ke Manado (Sulawesi Utara),” ungkap Suartana, lelaki asal Buleleng ini. 

Bahan baku, berupa plat dan besi dan komponen lainnya, menurut Suartana lancar. “Dari yang yang sekarang finishing ini semuanya pesanan,” tambah Yan Nik, salah seorang karyawan bengkel mesin pengering milik Suartana tersebut. 

Mesin pengering ini diproduksi dengan berbagai kapasitas, mulai 10 kg, 15 kg, 20 kg, hingga 100 kg. Adapaun harga yang dibandrol Rp 12,5 juta (kapasitas 10 kg), sedangkan kapasitas 100 kg dibandrol Rp 75 juta.7 k17

Komentar