nusabali

Pulangkan Piala Thomas

  • www.nusabali.com-pulangkan-piala-thomas

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susi Susanti, mengapresiasi kerja keras tim putra mempertahankan gelar di Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu. 

JAKARTA, NusaBali
Tim Merah Putih jadi kampiun setelah membungkam China 3-1 pada final di Stadion Sultan Abdul Halim, Minggu (11/2). 

“Terima kasih buat tim dan ofisial yang sudah bekerja keras sehingga mampu memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” kata Susi, dilansir situs PBSI.  

Sukses di Piala Asia juga membesarkan hati dan tekad Susi utnuk memulangkan Piala Thomas, yang menjadi lambang supremasi kejuaraan bulutangkis beregu putra. Menurut Susi, satu-satu dulu. Di awal target lolos dulu ke putaran final di Bangkok, ternyata hasilnya bisa maksimal, Ia pun berharap Piala Thomas kembali ke Indonesia, setelah ngendon lama di China.

Atas kemenangan itu, tim putra mendapatkan guyuran bonus Rp 5 miliar dari Kemenpora. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menjanjikan bonus itu dan pihaknya menyiapkan bonus Rp 5 miliar kepada kontingen bulutangkis yang dikirim PBSI. 

"Bonus totalnya Rp 5 miliar untuk kontingen putra dan putri, nanti PBSI yang akan mendistribusikan pada 42 anggota tim," kata Imam di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (12/2).

Menurutnya, pemberian bonus pada tim yang berlaga di Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia itu diberikan untuk kali pertama. Dia berharap bonus itu bisa jadi stimulus semangat atlet di kejuaraan bergengsi yang sudah menunggu yakni Piala Uber dan Thomas, serta Asian Games 2018. 
"Ini tradisi baru, makanya kita belum bagikan dua tahun lalu. Ini jadi hal baru bagi olahraga Indonesia," Imam menjelaskan.

Kemenangan itu diraih Indonesia dalam kondisi tim yang kurang ideal karena beberapa pemain cedera. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tidak diturunkan karena Marcus mengalami cedera perut. Adapun Anthony Sinisuka Ginting juga cedera engkel kanan meskipun tampil.

Pasangan Hendra Setiawan/Rian Agung Saputro menjadi penentu kemenangan Indonesia. Di partai keempat Hendra/Rian menang atas Han Chengkai/Zhou Haodong 21-14, 21-19. Sebelumnya Jonatan Christie meraih angka dari Shi Yuqi 16-21, 21-17, 21-18. 

Lalu ganda Mohammad Ahsan/Angga Pratama menang atas He Jiting/Tan Qiang 21-19, 21-18. Anthony Sinisuka Ginting di partai ketiga, kalah dari Qiao Bin 12-21, 21-11, 14-21.

Kemenangan itu membuat tim putra berhasil mempertahankan gelar di ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu. Sedangkan tim putri membawa pulang medali perunggu setelah kalah 0-3 dari Jepang di semifinal. Tim putri Jepang keluar  sebagai juara setelah menang atas China. ***

loading...

Komentar