nusabali

79 Pengungsi Pulang Tunggu Dewasa Ayu

  • www.nusabali.com-79-pengungsi-pulang-tunggu-dewasa-ayu

2.582 pengungsi asal Karangasem di Klungkung akhirnya pulang ke kampung halaman, Selasa (13/2) pagi.

SEMARAPURA, NusaBali
Pengungsi yang masih bertahan hanya 79 orang dari 29 kepala keluarga (KK). Mereka menempati posko pengungsian di Banjar Besang Kangin, Kelurahan Semarapura Kaja, Kecamatan Klungkung.

79 pengungsi tersebut belum pulang karena akan melangsungkan upacara terlebih dahulu di lokasi pengungsian pada Tilem Sasih Kawulu, Kamis (15/2) pagi. Pasalnya mereka sudah lama tinggal di sana, sehingga sebelum pulang (mapamit) terlebih dahulu mereresik sekala-niskala, untuk niskalanya dengan menghaturkan upacara pacaruan.

Camat Klungkung Komang Gde Wisnuadi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Kata dia, kondisi ini juga disampaikan kepada petugas terkait. Sehingga begitu pulang nanti mereka akan diantar oleh kendaraaan yang disiapkan petugas, termasuk ada yang menggunakan kendaraan pribadi. “Sekitar pukul 11.00 Wita upacara pacaruan itu selesai dan mereka langsung pulang,” ujarnya kepada NusaBali, Selasa (13/2).

Data pengungsi di Kabupaten Klungkung per Selasa, 13 Februari 2018, yakni di Kecamatan Klungkung 79 jiwa, sehari sebelumnya ditempati 1.867 pengungsi, di Kecamatan Dawan nihil dari sebelumnya ditempati 76 pengungsi dan pengungsi di Kecamatan Banjarangkan nihil, sebelumnya ditempati 639 jiwa.  Sementara itu mengenai adanya erupsi Gunung Agung, pada Selasa kemarin, sejauh ini belum ada informasi akan ada pengungsi yang akan balik lagi ke Klungkung.*wan

Komentar