nusabali

Undiksha Siapkan Ratusan Beasiswa di Tahun Ajaran Baru

  • www.nusabali.com-undiksha-siapkan-ratusan-beasiswa-di-tahun-ajaran-baru

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiskha) Singaraja tahun ajaran 2018/2019 menyiapkan ratusan beasiswa untuk calon mahasiswa barunya.

SINGARAJA, NusaBali
Baik dari beasiswa bidik misi dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk calon mahasiswa kurang mampu dan juga sejumlah beasiswa reguler lainnya. Rektor Undiksha Singaraja, Dr I Nyoman Jampel MPd, Rabu (14/2) kemarin menjelaskan bahwa penyediaan beasiswa dengan jumlah yang sangat banyak merupakan salah satu target untuk mencapai ‘universitas yang merakyat’. Selain juga memberikan peluang yang lebih besar kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Untuk penyediaan beasiswa, kita memang cukup banyak bahkan untuk bidik misi selalu terbesar di Bali dan kalau masih ada kuota di pusat kami selalu minta tambahan lagi,” ujarnya.

Seperti halnya tahun lalu Undiksha Singaraja mendapatkan kuota bidik misi sebanyak 513 orang mahasiswa. Dan pernah tertinggi dua tahun lalu mencapai 900 orang. Hingga kini ada 2.500 mahasiswa di semua semester yang mengikuti perkuliahan dengan beasiswa bidik misi, dari total 13.000 mahasiswa.

Selain itu universitas terbesar di Buleleng ini juga mengupayakan beasiswa reguler dari berbagai sumber. Baik dari Rektorat, pihak ketiga, termasuk Pemerintah Daerah yang memiliki warga menempuh pendidikan di Undiksha. Bahkan seperti DKI Jakarta, Bangli, Jembrana dan Papua sudah ber-MoU dengan Undiksha, sanggup memberikan beasiswa kepada mahasiswanya yang kuliah di Undiksha.

Sementara itu untuk tahun ajaran baru, Undiksha membuka pendaftaran calon mahasiswa dengan tiga jalur. Yakni Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang pendaftarannya dibuka dari tanggal 13 Januari hingga 6 Maret mendatang. Selanjutnya pada tanggal 5-27 April akan dibuka pendafataran Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Dan jalur Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri  (SMBJM), akan dibuka dari 19 Februari hingga 5 Juli mendatang.

Dari tiga jalur pendafataran mahasiswa baru juga akan dilakukan seleksi sangat ketat. Di akhir seleksi akan ditetapkan hanya 3.000 mahasiswa yang dinyatakan lolos. Sebanyak 50%  dari jalur SNMPTN, 40%  dari SBNPTN dan 10% dari jalur SMBJM. Sebagai perguruan tinggi dengan peraihan posisi ketujuh terbaik di nasional, Undiksha Singaraja juga menyiapkan sejumlah sarana prasarana dan 460 dosen pengajar yang memang berkompeten di bidangnya di 59 prodi di bawah naungan 7 fakultas. Pihaknya pun menjelaskan bahwa pengumuman lainnya mengenai pendaftaran mahasiswa baru dapat dilihat di website undiksha.ac.id.*k23

Komentar