nusabali

Pukulan Beduk 108 Kali Tandai Perayaan Imlek

  • www.nusabali.com-pukulan-beduk-108-kali-tandai-perayaan-imlek

Cuit di twitter, Jokowi memberi ucapan selamat rayakan Imlek

JAKARTA, NusaBali
Tak hanya di China, perayaan Imlek pun juga dirayakan di berbagai negara juga termasuk Indonesia. Masing-masing daerah punya cara unik dan berbeda untuk merayakan pergantian tahun baru China itu.
 
Di Serang, bedug dipukul sebanyak 108 kali setiap pergantian tahun baru Imlek di Wihara Avalokitesvara, Kampung Pamarican, Desa Pabean, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Neng-neng, sebuah Kentongan berusia sekitar 100 tahun yang terbuat dari Kuningan juga dipukul tiga kali.
 
"Nyambut saja, itu sudah tradisi. Kalau bedug 108, neng-neng tiga kali. Neng-neng sudah tua, kayaknya ada 100 tahun, dari saya di sini sudah ada," kata Tek An, pemukul bedug dan neng-neng, saat ditemui di Bukhara Avalokitesvara, Kota Serang, Jumat (16/2).

Sedangkan perayaan Imlek 2569 di Wihara Metta, Kota Serang, berlangsung dengan atraksi barongsai hingga pentas seni dari anak-anak.
 
"Saya Indonesia, tapi saya bukan orang China. Saya berharap keberagaman di Banten tetap terjaga," kata Ketua Panitia Imlek Wihara Metta, Rivaldo Wijaya, di Kota Serang, Kamis (15/2).
 
Sementara kelenteng Fuk Ling Miau atau Kelenteng Gondomanan di Yogyakarta ramai dikunjungi warga pada hari raya Imlek ini. Kelenteng yang terletak di Jl Brigjen Katamso itu merupakan hadiah Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono II ini dikunjungi warga dari beragai daerah untuk berdoa, Jumat (15/2).

Warga yang datang berdoa dengan khusyuk, tetapi banyak juga yang datang untuk bertemu dengan kerabat. Di luar kelenteng beberapa warga ada yang menunggu berharap mendapat angpau. Warga yang berdoa mulai dari kelancaran rezeki, lancar studi dan lain sebagainya.

Kelenteng Sai Che Tien yang berada di Jl Koni I, RT 03 Kel.Talang Jauh Kec. Jambi Timur Kota Jambi punya tradisi unik setiap perayaan Imlek. Di tempat ini, setelah melakukan ritual sembayang, mereka melakukan ritual sungkeman. Para anak memberikan hormat kepada orang tua dan mendoakan panjang umur serta menuangkan teh ke cangkir untuk orang tua.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2569 bagi warga yang merayakan. Dia berharap warga Indonesia semakin makmur.
 
Ucapan tersebut disampaikan Jokowi lewat akun Twitter resmi-nya, @jokowi, seperti dilihat detik, Jumat (16/2). Cuitannya itu langsung disambut netizen dengan retweet dan ucapan terima kasih.
 
"Selamat Tahun Baru Imlek 2569 bagi yang merayakan. Badan sehat, hati damai dan selalu bahagia. Kemakmuran menyertai kita semua -Jkw," tulis Jokowi.
 
Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga ikut mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek. Dia berharap perayaan Imlek jadi sarana untuk menebar kebahagiaan.
 
"Selamat Imlek 2018 Semoga kita terus mampu saling menebarkan kebahagiaan, kesejahteraan, dan kedamaian bagi sesama.. #imlek2018," tulis Lukman lewat akun Twitter-nya, @lukmansaifuddin.
 
Postingan politikus PPP itu kemudian mendapat respons beragam dari akun Twitter lain. Akun Twitter @ssirah bertanya bagaimana cara menebarkan kebahagiaan, kesejahteraan yang dimaksud oleh Lukman.
 
"Berikanlah angpao kepada mereka yg membutuhkannya," jawab Lukman seperti dikutip dari liputan6.
 
Ada lagi warganet yang menimpali jawaban Lukman terkait Imlek. @huuriiaa_ menimpali jawaban Lukman."Jomblo ga butuh angpao, Pak."
 
"Yang jauh lebih dibutuhkan adalah perhatian dan kasih sayang.." jawab Lukman. Perayaan Imlek yang jatuh pada hari ini, 16 Februari, disambut dengan meriah, tak terkecuali oleh warganet di media sosial. 7

Komentar