nusabali

Buleleng Target LAKIP Lebih Baik

  • www.nusabali.com-buleleng-target-lakip-lebih-baik

Pemkab Buleleng terus berupaya meningkatkan capaian kinerja. Kali ini, capaian mengenai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) ditarget lebih baik.

SINGARAJA, NusaBali
Sejatinya capaian kinerja yang tertuang dalam LAKIP pada tahun 2017 sudah lebih baik dibanding tahun 2016. Hasil penilaian dari Kemenpan RB, LAKIP pada tahun 2016, Buleleng membukukan poin 60,59 dengan nilai B. Sedangkan LAKIP di tahun 2017, poin yang dibukukan naik menjadi 67,65, dengan nilai tetap B.

Kepala Inspektorat Kabupaten Buleleng I Putu Yasa mengatakan, ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi dalam pencapaian tersebut. Di antaranya disebutkan, menyangkut pelayanan publik, serta belum adanya pemetaan zona integritas.

“Semua capaian keberhasilan ini bisa saja menurun apabila dalam pelaksanaan pemerintahan tidak dikelola dan dijalankan dengan baik. Sehingga perlu komitmen bersama dan kerja keras lagi,” katanya di sela-sela Rapat Kerja Teknis Prangkat Daerah Lingkup Pemkab Buleleng, Kamis (15/2), di Gedung Mr Ketut Pudja, eks Pelabuhan Buleleng.

Putu Yasa menegaskan, rapat kerja teknis itu sebagai upaya membangkitkan dan meningkatkan pemahaman tentang regulasi yang ada sekaligus penekanan-penekanan yang perlu diketahui dan ditindaklanjuti oleh pimpinan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Rapat tersebut dibuka oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Pemaparan materi disampaikan antara lain oleh  Kepala Inspektorat Putu Yasa, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosandi) I Ketut Suweca, Kepala Bagian Organisasi, Sri Ambarawati, dan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Made Budhi Setiawan.

Bupati Agus Suradnyana dalam sambutannya mengatakan pimpinan OPD harus mengerti alur kegiatan yang bersifat teknis dan prinsif dalam pengelolaan manajemen Pemerintahan. Bupati juga meminta kepada Inspektorat untuk terus melakukan pendampingan agar meminimalisir permasalahan di masing-masing Perangkat Daerah.  “Ada banyak indikator untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola kepemerintahan, namun kita sudah merumuskan sehingga kita memiliki nilai yang baik. Ini merupakan kemajuan yang sangat baik dan kita harus terus gelorakan,” katanya. 7@k19

Komentar