nusabali

Perkuat Budaya dan Tradisi Imlek

  • www.nusabali.com-perkuat-budaya-dan-tradisi-imlek

Pelaksanaan ibadah awal dalam rangka perayaan Imlek 2569 di Kabupaten Klungkung mendapatkan pengamanan dari Polres Klungkung dan Polsek jajaran.

SEMARAPURA, NusaBali
Puluhan personel Polres Klungkung mengamankan tempat ibadah Vihara Dharma Ratna di Jalan Ngurah Rai Semarapura, Klungkung, Jumat, (16/2). Ibadah pun berlangsung khidmat.

Kegiatan Ibadah Awal di konco dipimpin Romo Munadi Tanu Jaya. Ssedangkan di lokasi bagian Darmasula  Romo Candra Budiarta dan Romo Putu Wilmana. Kegiatan ibadah dilakukan secara silih berganti. Tema perayaan ini " Melalui Imlek Kita Perkuat Budaya dan Tradisi Agar Tetap Lestari ".

Kabag Ops Polres Klungkung Kompol Nyoman Suarsika, mengatakan pengamanan ibadah perayaan Imlek mengingat banyaknya umat yang melaksanakan persembahyangan. Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto, juga turut mengecek personelnya bertugas. Untuk mengetahui sebagaimana kesiapan personel Polres Klungkung yang melaksanakan tugas di tempat ibadah tersebut. Kapolres Klungkung juga memotivasi personel agar tetap semangat dan ikhlas melaksanakan pengamanan. 

Sementara itu, 
GIANYAR, NusaBali
Persembahyangan Hari Suci Imlek di Vihara Amurva Bhumi Blahbatuh, Gianyar, Jumat (16/2), berlangsung khusyuk. Juru Kunci Vihara Tjwa Sin Liang mengungkapkan, vihara yang diresmikan pada 2 Maret 1988 ini dipelihara 150 KK. Di dalam vihara terdapat pujaan utama Hok Tik Cin Sin ( Tu Ti Kong ) atau Dewa Bumi. Di bawahnya, terdapat dewa harimau. Selain altar Dewa Bumi, juga terdapat altar Ma Kwan Im dan Altar Budha dalam areal vihara yang cukup luas ini. Diceritakan, Imlek merupakan perayaan kemenangan Dharma melawan Adharma, yang jika dalam Agama Hindu sering disebut Galungan. 

Perayaan Imlek di Kabupaten Gianyar mendapat atensi penuh dari jajaran Polres Gianyar. Sebanyak 100 personil ditugaskan khusus untuk menjaga keamanan perayaan Imlek. Kapolres Gianyar, AKBP Djoni Widodo disela-sela memantau di Vihara Amurva Bumhi menjamin keamanan setiap umat. "Kemarin kami sudah rapat koordinasi dengan petugas vihara. Kita pastikan perayaan Imlek di Gianyar berjalan lancar," jelasnya. Selain Vihara ini, Kapolres Gianyar juga berkeliling ke sejumlah tempat ibadah umat Budha Thionghoa yang merayakan Imlek, seperti di Desa Sukawati dan Kota Gianyar.

Sementara itu, salah satu umat Tri Ernawati, asal Banjar Cangi Desa Batuan Kaler mengatakan perayaan Imlek ini adalah momentum kebersamaan dengan keluarga. Persembahyangan pun dilakukan bersama-sama, mulai dari rumah ke vihara lanjut ke rumah leluhur.7 wan, nvi 

Komentar