nusabali

Bangli Kekurangan Benih Ikan

  • www.nusabali.com-bangli-kekurangan-benih-ikan

Kelompok pembudidaya ikan di Danau Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli, kelimpungan cari bibit. 

BANGLI, NusaBali
Terdapat 180 kelompok pembudidaya ikan yang tersebar di delapan zone  meliputi Yeh Panes Ulun Danu, Yeh Panes Banjar Dalem, Desa Songan, Toyo Bungkah Pura Jati, Seked Kedisan, Buahan Abang Dukuh, Abang Songan,  dan Trunyan. Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli mencoba menggadeng Dinas Perikanan Karangasem untuk mendatangkan benih ikan dari Karangasem.  

Kepala Bidang Perikanan Dinas PKP Bangli, I Nyoman Widiada mengatakan, produksi di Balai Benih Ikan (BBI) Bangli belum mampu memenuhi kebutuhan benih ikan. Dikatakan, kebutuhan bibit ikan di Bangli mencapai 24 juta ekor. Pada tahun 2016, BBI hanya bisa menyediakan benih sebanyak 12 juta ekor dan di tahun 2017 menurun, hanya menghasilkan  bibit ikan 7.166.000 ekor. Menurunnya produksi benih karena induk ikan sudah berumur. “Sekarang kami telah melakukan peremajaan,” ungkap Nyoman Widiada, Jumat (16/2). 

Menyikapi kekuranga bibit ikan, Dinas PKP Bangli telah melakukan penjajakan kerjasama dengan Dinas Perikanan Karangasem. “Dalam pemenuhan bibit dipastikan juga dari segi kesehatan bibit terjamin, dilengkapi surat keterangan asal bibit, bibit ikan yang dipasok berkwalitas,” terangnya. Diterangkan, tahun lalu telah terbentuk Asosiasi Pelaku Perikanan (APP) yang diresmikan Bupati Bangli I Made Gianyar pada 19 Desember 2017. APP ini akan menjadi mitra kerja Dinas Perikanan untuk pemenuhan bibit, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan. 7e

Komentar