nusabali

Kalahkan Eibar, Modal Barca Tantang Chelsea

  • www.nusabali.com-kalahkan-eibar-modal-barca-tantang-chelsea

Barcelona susah payah saat bertandang ke Eibar. Namun akhirnya Barca sukses dalam ‘pemanasan’ penting Liga Champions itu, menjelang laga di kandang Chelsea, di Stamford Bridge, London, Rabu (21/2) dinihari nanti.

EIBAR, NusaBali    

Ya, Blaugrana memetik kemenangan atas Eibar dengan tidak mudah. Bahkan pelatih Barca Ernesto Valverde mengakui timnya kepayahan menghadapi agresivitas tuan rumah. Barca mesti bersusah payah saat bertandang ke Eibar, di Municipal de Ipurua, Sabtu (17/2) malam Wita. Meski menang 2-0, pressing agresif tuan rumah menyulitkan Loinel Messi d.

Namun bagi Valverde, laga lawan Eibar menjadi persiapan yang bagus menjelang lawan Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Valverde memperkirakan akan ada situasi serupa, di mana Barca mesti bekerja keras lagi menghadapi tim solid, seperti Chelsea.

"Laga Selasa nanti (Rabu dinihari Wita) itu lain cerita. Kami akan mencoba menghasilkan performa yang bagus. Hari ini adalah tes bagus sebelum laga (melawan Chelsea) tersebut," ungkap Valverde dikutip Soccerway.

Menghadapi Eibar, Luis Suarez membuka keunggulan Blaugrana di menit ke-16.  Lalu Jordi Alba di menit ke-88 berhasil digandakan oleh.

Di laga ini Barca tak mampu menguasai laga senyaman biasanya. Padahal mereka unggul jumlah pemain sejak menit ke-66, usai Fabian Orellana menerima kartu kuning kedua.

Barcelona menguasai bola sebesar 53% dengan melepaskan 10 tembakan, enam diantaranya mengarah ke gawang plus satu membentur tiang. Eibar justru lebih banyak percobaan, yakni 13 tembakan dan tiga tepat target plus satu membentur mistar gawang.

Agresivitas Eibar membuat Barca hanya mampu mencatatkan akurasi umpan 82%, cukup jauh di bawah rata-rata mereka yakni 87,5%. Menurut Valverde,  keberanian Eibar mengambil risiko jadi sesuatu yang selalu menyulitkan.

Kemenangan atas Eibar membawa Barca tak terkalahkan dalam 31 laga La Liga secara beruntun. Catatan itu menyamai rekor klub yang diukir di era Pep Guardiola pada 2010-2011. Kali terakhir Barca kalah saat bertandang ke Malaga, April 2017. Mereka takluk 0-2. Barca  berpeluang mengukir rekor baru saat menjamu Girona pekan depan.

Bahkan jika terhindar dari kekalahan dari Girona, itu berarti Barca menyamai rekor laju tak terkalahkan di La Liga milik Real Sociedad, yakni 32 partai beruntun di musim 1979/1980.

Dari 31 laga tak terkalahkan Barca saat ini, tujuh laga ditorehkan saat di bawah Luis Enrique, yang semuanya berakhir dengan kemenangan. Lalu 24 laga di bawah Valverde, dengan 19 menang dan 5 imbang. *

Komentar