nusabali

Peduli Sesama, Himasa dan IKAAM Akuntansi FE Unmas Berbagi

  • www.nusabali.com-peduli-sesama-himasa-dan-ikaam-akuntansi-fe-unmas-berbagi

Meski kehidupan ekonomi masyarakat Bali tergolong maju, namun di sejumlah wilayah masih cukup banyak ditemukan masyarakat yang hidupnya belum berkecukupan.

DENPASAR, NusaBali
Hal ini menggerakkan hati para mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi berkolaborasi dengan para alumni yang tergabung dalam Ikatan Alumni Akuntansi (IKAAM) Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati untuk berbagi dengan sesama di tahun 2018.

Aksi sosial bartema: ‘Himasa Merangkul Sesama’ ini menyasar satu keluarga kurang mampu di wilayah Banjar Serokadan, Desa Abuan, Susut, Bangli, Minggu (18/2). Keluarga tersebut adalah keluarga Ni Kadek Prayamayani, yang hanya tinggal bersama neneknya yang sudah lanjut usia, serta ibunya yang memiliki keterbelakangan mental. Aksi sosial berupa pemberian sembako, uang tunai serta dukungan moril dan semangat ini dilakukan bersama 10 orang dari Himasa Akuntasi FE Unmas, 9 orang alumni dari IKAAM, serta Ketua Prodi Akuntansi I Gede Cahyadi Putra SE MSi Ak Ca, dan Sekretaris Prodi Ni Nyoman Ayu Suryandari SE MSi Ak Ca, juga ikut ke lokasi pemberian bantuan.

Menurut Ketua Prodi Akuntansi Unmas Denpasar, I Gede Cahyadi Putra, apa yang dilakukan mahasiswa dan alumni ini merupakan bentuk kepedulian dan peran serta dalam pembangunan masyarakat. Artinya, di samping mengembangkan keilmuannya, Prodi Akuntansi FE Unmas juga tidak lupa mengabdikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat, seperti masyarakat kurang mampu yang disasar Minggu kemarin. “Kegiatan ini bermaksud untuk membangun jiwa solidaritas rasa peduli antar sesama, sehingga diharapkan mampu meringankan beban saudara kita yang kurang mampu. Sekaligus, ini menjadi realisasi pelaksanaan program kerja HMPS di prodi kami,” ungkap Kaprodi Cahyadi, Senin (19/2).

Selain peduli sesama dan berkontribusi hadir di tengah-tengah masyarakat, Prodi Akuntansi FE Unmas juga terus meningkatkan kualitas program studi. Ada tiga misi untuk mewujudkan visi menjadi program studi yang menghasilkan lulusan bermutu, profesional dan berbudaya dalam megembangkan ilmu pengetahuan akuntansi melalui pelaksanaan Tri Darma Perguruan tinggi yang mampu menghadapi perubahan secara nasional maupun global. Tiga misi tersebut antara lain menyelelenggarakan sistem pembelajaran yang berkualitas dan relevan didukung oleh pemanfaatan teknologi dan informasi.

Sementara di sisi penelitian, Prodi Akuntansi FE Unmas Denpasar melaksanakan penelitian untuk menciptakan SDM yang kreatif dan inovatif serta memanfaatkan hasil-hasil penelitian dalam proses pembelajaran dan pengabdian ke masyarakat. Termasuk dalam menyelenggarakan pengabdian masyarakat, prodi tersebut juga mengembangkan kemitraan dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta untuk meningkatkan kapasitas dan peran serta dalam pembangunan masyarakat.

Terkait aksi sosial berupa pemberian bantuan, Kaprodi Cahyadi berharap, dengan hadirnya mahasiswa dengan alumni dari Prodi Akuntansi FE Unmas, bisa memberikan semangat kepada masyarakat yang kurang mampu serta mengetuk kesadaran masyarakat dan pemerintah setempat untuk peduli dengan keadaan masayarakat di sekitarnya, agar masyarakat yang kurang mampu dapat hidup dengan layak. “Kami berharap bisa meringankan beban saudara kita yang kurang mampu, sekaligus menambah rasa kepedulian terhadap sesama,” tandasnya.*ind

Komentar