nusabali

Tempati Mes Guru, TK Pradnyandari II Diusulkan Jadi Negeri

  • www.nusabali.com-tempati-mes-guru-tk-pradnyandari-ii-diusulkan-jadi-negeri

Taman Kanak-kanak (TK) Pradnyandari II di Kelurahan Kerobokan Kelod, Kecamatan Kuta Utara, selama ini menempati eks mes guru SDN 5 Kerobokan Kelod untuk kegiatan belajar.

MANGUPURA, NusaBali
Kondisi ini mengundang keprihatinan anggota DPRD Badung. Dewan didampingi jajaran Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung, meninjau sekolah tersebut, Selasa (20/2). “Kasihan ada TK gabung dengan SD. Dan TK-nya belajar di bekas mes guru,” kata Ketua Komisi IV DPRD Badung AAN Ketut Agus Nadi Putra.

Mirisnya, kata dia, pemerintah kesulitan membantu TK Pradnyandari II lantaran kendala status. TK tersebut masih berstatus yayasan milik PKK Kelurahan Kerobokan Kelod. “Jadi berdasarkan usulan masyarakat, kami harapkan TK Pradnyandari II diubah statusnya menjadi TK negeri. Dengan begitu segala sarana dan prasaran TK bisa ditanggung penuh oleh pemerintah,” harap politisi Partai Golkar, itu.

Kemudian mengenai guru dan pegawai, pihaknya mengusulkan agar tetap diberdayakan. Dengan begitu mereka tetap bisa bekerja. “Jadi kami ingin guru dan pegawai yang sudah ada diberdayakan,” tandas Nadi Putra. Menurut Nadi Putra, usulan tersebut sudah dikaji oleh pihak Disdikpora Badung. Dia berharap pembangunan gedung TK baru bisa segera direalisasikan, sehingga murid TK yang jumlahnya puluhan anak ini tidak lagi belajar di bekas mes guru. “Kalau jumlah siswa (TK) lumayan banyak. Makanya kami harapkan agar ini jadi prioritas,” pintanya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikpora Badung I Made Mandi, tak menyangkal bekas mes guru SDN 5 Kerobokan Kelod digunakan ruang belajar oleh TK Pradnyandari II. Dia juga menyebut hal itu sudah berlangsung cukup lama.

“Iya, itu dulunya mes milik SD. Karena tidak dimanfaatkan, itu dipinjam untuk TK. Dan itu masih sampai sekarang,” aku Mandi. Menurutnya, SDN 5 Kerobokan dibangun sekitar tahun 1973, dan secara fisik eks mes guru masih bagus dan cukup representatif.

Menanggapi harapan masyarakat agar TK Pradnyandari II diusulkan menjadi TK negeri, Mandi menyambut baik usulan itu. Sebab Bupati Badung juga sangat berkeinginan agar di tiap kecamatan ada TK negeri. “Untuk buat TK negeri kita sedang lihat-lihat lahan. Terkait usulan agar TK itu (TK Pradnyandari II) dijadikan negeri, kami sambut baik. Tinggal proses koordinasi. Dan kami berharap bisa terealisasi,” tutur Mandi. *asa

Komentar