nusabali

Pemkab Dukung Pemasaran Secara Online

  • www.nusabali.com-pemkab-dukung-pemasaran-secara-online

Pemkab Gianyar bersinergi dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI) membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya secara online.

GIANYAR, NusaBali
Dukungan itu ditandai dengan pembukaan dan peresmian pusat e-commerce di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Selasa (20/2).  Pembukaan situs online dengan portal gianyarbaliartworks.com ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BNI – Pemkab Gianyar untuk meningkatkan akses pelaku UMKM ke jalur pemasaran secara online atau e-commerce. Dengan ini akan membantu para pelaku usaha mengembangkan pasar bagi produk-produknya.

Acara launching tersebut ditandai dengan aktivitas online shopping yang dilakukan secara langsung oleh Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata. E-commerce ini akan dikelola oleh Pusat e-Commerce Gianyar yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM Gianyar.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT Putu Bagus Kresna menyampaikan kerjasama ini meliputi pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan, seperti pembiayaan KUR untuk UMKM, fasilitas Cash Management, Branchless Banking (Keagenan/Laku Pandai), Penerimaan Pajak dan Penerimaan Daerah lainnya secara online serta pengelolaan aktivitas jasa dan keuangan lainnya.

Beberapa produk yang akan dipasarkan melalui situs online ini yakni kerajinan, tenun ikat (endek), souvenir, furniture, tas, dan busana. Selain itu, objek wisata serta atraksi budaya unggulan, travel wisata, transportasi, makanan, oleh-oleh, dan lainnya.

Untuk memudahkan pengunjung situs, baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri dalam melakukan transaksi belanja, BNI akan melengkapinya dengan berbagai fasilitas pembayaran online (e-payment). Untuk menarik pengunjung situs, nantinya BNI akan memberikan penawaran menarik untuk tiap transaksi dengan fasilitas tertentu.

Bupati Gianyar AA Gde Agung Bharata mengharapkan dengan adanya sistem pemasaran yang lebih luas ini, maka UMKM harus punya komitmen untuk menjaga ketersediaan stok barang. “Kepercayaan konsumen harus kami jaga,“ ungkapnya. Pemkab Gianyar memberikan kesempatan kepada UMKM di wilayahnya untuk memanfaatkan pasar online ini untuk memperluas pemasaran. Bupati mengucapkan terimakasi kepada BNI khususnya kepada pimpinan BNI Bali NTB NTT atas kerjasamanya. Dia juga berharap ke depannya e-commerce dapat berkembang dengan baik guna membantu pelaku UMKM di Gianyar. Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan CSR berupa dua buah sutlle bus yang diterima langsung oleh Bupati Agung Bharata.*lsa

Komentar