nusabali

Ekspor Alas Kaki 4,7 Miliar Dolar AS

  • www.nusabali.com-ekspor-alas-kaki-47-miliar-dolar-as

Industri alas kaki nasional mencatatkan nilai ekspor sebesar 4,7 miliar dolar Amerika Serikat pada 2017 atau naik dua persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 4,6 miliar dolar Amerika Serikat.

JAKARTA, NusaBali
“Pertumbuhan ini jelas memberikan harapan besar bagi para pelaku industri alas kaki dan industri barang dari kulit di dalam negeri, termasuk untuk sektor industri kecil dan menengah,” kata Dirjen Industri Kecil Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (20/2).

Gati menyampaikan hal itu pada pembukaan Pelatihan Bimbingan Teknis Operator Jahit Sepatu dan Bimbingan Teknis Desain Alas Kaki Tingkat Dasar yang diselenggarakan Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) Kemenperin di Sidoarjo.  Menurut Gati, kinerja positif dari industri alas kaki nasional lantaran juga didorong melalui upaya pemerintah menciptakan iklim usaha yang kondusif di Tanah Air.

“Ini pun menunjukkan bahwa ada perbaikan perekonomian Indonesia yang membuat para pelaku bisnis kita dapat lebih optimis dan semangat di tahun 2018,” papar Gati Wibawaningsih.

Kemenperin mencatat, sebaran IKM alas kaki di Indonesia mencapai 32.562 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 113.907 orang.  Secara makro, dalam periode lima tahun (2012-2016), terjadi peningkatan signifikan terhadap konsumsi per kapita masyarakat Indonesia terhadap alas kaki yang semula hanya dua pasang menjadi lebih dari tiga pasang per tahun.  *ant

Komentar