nusabali

Atlet Wushu Indonesia Raih Tiga Emas di Rusia

  • www.nusabali.com-atlet-wushu-indonesia-raih-tiga-emas-di-rusia

Tim Indonesia menurunkan tujuh atlet wushu di nomor sanda  dalam kejuaraan ‘Moscow Wushu Star’ di Rusia yang berlangsung 16-20 Februari.

JAKARTA, NusaBali
Hasilnya,  tiga emas, dua perak dan satu perunggu berhasil diraih. Kejuaraan itu, menjadi ajang uji coba bagi atlet wushu nomor Sanda menghadapi Asian Games 2018. Manajer tim Wushu Indonesia Novita, Selasa (20/2) mengatakan, hasil uji coba tersebut cukup memuaskan, khususnya bagi atlet wushu di nomor sanda. Apalagi China juga turut berpartisipasi, lantaran mereka menggunakan kejuaraan itu untuk persiapan ke Asian Games pula.

"Hasil ini sangat positif karena lawan-lawan yang kami hadapi seperti China dan India juga menjadikan kejuaraan di Rusia ini sebagai ajang persiapan menuju Asian Games pada Agustus mendatang," imbuh Novita.

Tiga medali emas dipersembahkan Rosalina Simanjuntak di kelas 48 kg putri, Selviah Pertiwi di kelas 52 kg putri dan Yusuf Widianto di kelas 56 kg putra. Sementara 2 medali perak dari Mey Yulianengsih di kelas 60 kg putri dan Yudi Cahyadi di kelas 65 kg putra. Satu medali perunggu berasal dari Abdul Haris Sofyan di kelas 60 kg putra. Hanya Puja Riyaya di kelas 70 kg putra yang tidak berhasil meraih medali.

Atas pencapaian prestasi itu, Novita berharap atlet wushu nomor Sanda tidak cepat berpuas diri. Menurutnya, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dipersiapkan untuk menghadapi gelaran Asian Games nanti. Apalagi Indonesia adalah tuan rumah kejuaraan empat tahun sekali sehingga diharapkan atlet Merah Putih mendapatkan hasil terbaik. "Saya berharap performa atlet terus ditingkatkan, peak-nya di Asian Games,” ujar Novita.

Dalam kesempatan tersebut, Novita tak lupa mengucapkan terimakasih kepada segenap jajaran pengurus PB Wushu Indonesia (WI) yang telah mengupayakan pendanaan sehingga uji coba ini bisa berjalan sesuai jadwal. Sekjen PB WI Ngatino pun, sangat mengapresiasi pencapaian uji coba di Rusia. ”Ini sinyal postif bagi atlet wushu Indonesia dalam mempersiapkan diri menuju Asian Games," papar Ngatino.

Moscow Wushu Star sendiri diikuti 15 negara. Ada Rusia, Prancis, Kazakhstan, China, Italia, Armenia, Uzbekhistan, Kyrghistan, Belarus, India, Belgia, Lithuania dan Indonesia. *k22

Komentar