nusabali

KESEHATAN : Pemicu Kanker

  • www.nusabali.com-kesehatan-pemicu-kanker

Kanker merupakan penyakit paling berisiko menyebabkan kematian kedua di dunia.

Di tahun 2015 angka kematian akibat kanker mencapai 8,8 juta.  Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan kanker. Misalnya kebiasaan buruk, berat badan, makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebih.  Mengutip boldsky, berikut kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kanker.

1. Pengharum ruangan
Pengharum ruangan sering digunakan untuk mengatasi bau ruangan yang tidak sedap. Namun, pengharum ruangan ini tidak meningkatkan kualitas udara pada ruangan. Sebaliknya, pengharum ruangan mengandung zat berbahaya yang menyebabkan kanker. Zat berbahaya ini akan masuk ke hidung saat disemprotkan ke ruangan.

2. Minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker. Sebuah studi mencatat mengonsumsi minuman beralkohol dua kali dalam sehari dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, kanker usus besar, kanker rektum dan kanker payudara.

3. Pil KB
Pil KB, dikonsumsi untuk mencegah kehamilan. Mengonsumsi pil KB dapat meningkatkan risiko kanker payudara juga kanker serviks dan hati.

4. Lilin

Sebuah penelitian mengatakan asap dari lilin parafin mengandung karsinogen dan komponen bahan bakar fosil lainnya. Untuk menggantikan penggunaan lilin parafin sebaiknya gunakan lilin lebah murni karena tidak berbahaya bagi tubuh.

5. Asap mobil
Orang yang lebih sering terkena asap dari bahan bakar disel akan memiliki masalah kesehatan. Asap dari mobil bisa menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya. Diesel dan bensin melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon yang beracun.


SELANJUTNYA . . .

loading...

Komentar