nusabali

De Gea Menakjubkan

  • www.nusabali.com-de-gea-menakjubkan

MU harus berterima kasih kepada De Gea. Beberapa penyelamatan  yang dibuatnya itulah membuat MU terhindar dari kekalahan.

Imbangi Sevilla, MU Jaga Peluang  


SEVILLA, NusaBali
Untung ada David De Gea, Manchester United (MU) pun lolos dari kekalahan.  Aksi-aksi De Gea mementahkan semua peluang Sevilla. Pelatih Sevilla Vincenzo Montella pun kecewa timnya gagal mencetak gol ke gawang MU. Montella pun memuji setinggi langit performa kiper MU asal Spanyol tersebut.

Dalam laga di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Kamis (22/2) dinihari Wita, Sevilla bermain imbang 0-0 saat menjamu MU di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Padahal di sepanjang laga, situs UEFA mencatat Sevilla 25 kali percobaan, dan 8 diantaranya shoot on target.

Namun De Gea di bawah mistar MU bermain prima. Ia jatuh bangun melakukan 8 penyelamatan sepanjang laga, termasuk menepis tandukan Luis Muriel dari jarak dekat di akhir babak pertama.

Penampilan gemilang De Gea mendapat pengakuan dari Montella dan pemain Sevilla. Pelatih Italia itu menyebutkan, timnya seharusnya memaksimalkan banyaknya peluang, tapi De Gea tampil menakjubkan.

Bahkan De Gea punya 0,18 detik saat menepis tandukan Muriel. Daily Mail menyebut jarak antara Muriel dan De Gea sekitar 4,5 meter. Dan, bola tandukan melesat dengan kecepatan 91,4 km/jam.

Itu artinya waktu yang ditempuh bola (dari kepala Muriel ke tangan De Gea), hanya 0,18 detik. De Gea mampu mengantisipasi. Itu kemudian menjadi moment paling diingat dari laga yang tuntas dengan 0-0.

"Mungkin saya menanduk terlalu dekat dengan tubuhnya. Sebenarnya saya memiliki peluang mengarahkan itu ke arah berbeda. Tapi, saya memilih menanduk sekuat tenaga, bukan mengarahkannya. Lagipula De Gea memang kiper luar biasa," kata Muriel menyesal.

Winger Sevilla Joaquin Correa juga menegaskan, MU harus berterima kasih kepada De Gea. Penyelamatan  yang dibuatnya itulah membuat MU terhindar dari kekalahan. Correa menyebut, De Gea salah satu kiper terbaik di dunia. Hanya karena dia, MU tidak kalah.

Menurut Opta, delapan aksi memikat De Gea membuatnya jadi kiper MU dengan penyelamatan terbanyak dalam satu laga Liga Champions. Ia menyamai rekor yang dibuat Edwin Van der Sar pada Mei 2011 saat melawan Barcelona.

De Gea juga jadi kiper pertama yang berhasil membuat Sevilla gagal mencetak gol di kandangnya sendiri pada kompetisi Liga Champions musim ini. Aksi De Gea membuat MU memperpanjang rekor clean sheet saat bertandang ke Spanyol, yakni 7 dari 8 laga.

Itu clean sheet ke-9 MU dari 11 laga terakhir di semua kompetisi. MU membuat 23 clean sheet di semua kompetisi, terbanyak dari tim Premier League lain. Hasil imbang disebut menjadikan MU favorit di laga leg kedua di Old Trafford, Rabu (14/3) dinihari Wita.

Bek MU, Chris Smalling menilai hasil imbang dan catatan clean sheet menjadikan timnya unggulan di laga leg kedua. Menurutnya, Sevilla tak bisa benar-benar mendapatkan peluang bersih.

Manajer MU Jose Mourinho menganggap laga melawan Sevilla berjalan seimbang. Soal hasil akhir yang 0-0, Mourinho menyebutnya tidak bagus tapi juga tidak jelek. Namun timnya punya dua leg untuk dimainkan dan ada satu pertandingan menentukan segalanya di Old Trafford. *

Komentar