nusabali

Dua Pegawai Money Changer Nakal Dibekuk

  • www.nusabali.com-dua-pegawai-money-changer-nakal-dibekuk

Meski sudah banyak ditindak, aksi penipuan money changer di kawasan Kuta, Badung masih saja terjadi.

DENPASAR, NusaBali

Seperti yang dialami bule asal India bernama Sunil Rawat, 20. Ia harus kehilangan uang jutaan usai menukar uang pecahan dolar di money changer di depan Aloe Vera Spa, Jalan Pantai Kuta, Rabu (21/2) malam lalu.

Korban asal India inipun langsung melapor ke Polsek Kuta. Petugas yang mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan dan menggerebek money changer tersebut. Dua pelaku yang merupakan pegawai money changer, yaitu I Ketut Alex, 18 asal Kubu, Karangasem dan Kadek Wiratayasa, 26 asal Banjar Dinas Sangsana, Tianyar Tengah, Kubu, Karangasem turut diamankan. “Dua pelaku yang merupakan pegawai money changer nakal ini langsung kami amankan,” tegas Kapolsek Kuta, Kompol I Nyoman Wirajaya.

Hasil penyidikan, kasus tersebut terjadi pada, Rabu sekitar pukul 13.00 Wita di money changer itu. Saat itu korban menukarkan uang US$ 500 dan mendapat uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak 140 lembar atau Rp 7 juta. “Waktu itu korban tidak menghitung uang dan langsung memasukkan uang ke dalam tas,” jelasnya.

Korban sendiri baru sadar uangnya kurang usai membeli makanan. Saat dihitung korban hanya mendapat 79 lembar uang pecahan Rp 50 ribu. Sisanya sekitar Rp 2,7 juta menghilang. “Mereka langsung lapor dan kita langsung gerebek,” lanjutnya.

Dari keterangan tersangka, modus kejahatan yang dilakukan mereka dengan cara menjatuhkan uang yang dihitung ke balik meja. “Mereka menggunakan teknik lama. Mejanya ada lubang kecil memanjang. Nah saat merapikan dan meratakan, beberapa lembar uang akan masuk ke lubang itu,” pungkasnya. *rez

Komentar