nusabali

Big Match MU-Chelsea, Adu Kokoh Dua Kiper

  • www.nusabali.com-big-match-mu-chelsea-adu-kokoh-dua-kiper

Duel Manchester United (MU) melawan Chelsea ditandai adu kekekohan dua kiper David De Gea dan Thibaut Courtois. 

MANCHESTER, NusaBali
Sejauh ini, kedua kiper itu memiliki clean sheet terbanyak di Premier League 2017/2018. Mereka juga sama-sama bermain di Atletico Madrid.  MU akan menjamu The Blues di Old Trafford, Minggu (25/2) malam Wita. Di papan klasemen sementara, kedua tim hanya terpaut tiga angka saja.

MU adalah tim paling sedikit kebobolan. Sampai pekan ke-27, gawang skuat besutan Jose Mourinho itu jebol 19 kali. MU juga tercatat tim yang paling sering membuat clean sheet. Dari 27 laga, 15 laga di antaranya ditandai clean sheet.

Hal itu tak lepas dari kiprah De Gea (27 tahun) di bawah mistar gawang MU. Kiper asal Spanyol itu adalah pemain dengan jumlah clean sheet terbanyak di Premier League 2017/2018, yakni-15 clean sheet dan total 87 penyelamatan.

Di sisi lain, Chelsea juga memiliki catatan defensif tak kalah bagus. Sejauh ini tim Antonio Conte itu baru kebobolan 23 gol di liga, cuma kalah dari MU dan Manchester City. Si Biru juga membuat 14 clean sheet di Premier League. Jumlah tersebut cuma kalah banyak dari MU.

Courtois berperan besar dalam catatan defensif Chelsea tersebut, dengan kiper Belgia 25 tahun itu membuat 13 clean sheet untuk timnya di liga sejauh ini. Courtois membuat 52 penyelamatan.

Satu hal menarik lain dari adu tangguh De Gea lawan Courtois ini adalah bahwa banyak media yang belakangan santer menyebut kedua kiper tersebut sebagai incaran Real Madrid untuk musim panas. Mereka juga sama-sama merasakan gemblengan tim Spanyol Atletico Madrid, sebelum keduanya hijrah ke Inggris. Hanya saja Courtois kiper Chelsea yang dipinjaman ke Atletico.

Dengan situasi saat ini, MU dan Chelsea disebut sama-sama tak boleh kalah saat berhadapan. Banyak pengamat memprediksi hasil seri 1-1. Hal itu diungkapkan mantan pemain Arsenal Paul Merson, analis sepakbola yang juga mantan pemain timnas Inggris.

Namun partai ini krusial bagi kedua tim dalam upayanya finis di empat besar musim ini. MU yang di partai terahir di liga kalah dari Newcastle United, butuh kemenangan agar tak dilewati para rival. Mengoleksi nilai 56, MU cuma dua poin di depan Liverpool dan tiga angka dari Chelsea.

Sedangan Chelsea butuh poin penuh, selain demi kans naik posisi, juga menghindari kejaran Tottenham Hotspur. MU perlu waspada karena cuma menang sekali dari 14 laga terakhir melawan Chelsea. Lebih dari itu, Mourinho juga punya catatan buruk menghadapi Conte. *

Komentar